Menuju Kemitraaan Konservasi di Desa Penyangga TN Tesso Nilo

Rabu, 18 November 2020

Baserah, 10 - 11 November 2020 – Petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) gelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat kemitraan konservasi di desa penyangga kawasan TN Tesso Nilo yakni Dusun Banyu Baru Desa Segati Kecamatan Langgam. Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Pemulihan Ekosistem (PE) kawasan TN Tesso Nilo. Peserta dihadiri sekitar 30 orang masyarakat desa.

Menurut petugas yang memberi sosialisasi, sebagian besar masyarakat yang hadir sangat antusias dan setuju dengan kehadiran program kemitraan konservasi untuk pemulihan ekosistem. Pada sosialisasi kali ini para petugas memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa program pemulihan ekosistem tersebut dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan melepaskan ketergantungan terhadap tanaman perkebunan sawit pada umumnya.

Dalam kesempatannya, Kepala Desa Segati memaparkan kepada masyarakat akan pentingnya partisipasi masyarakat agar mengikuti program kemitraan konservasi ini dikarenakan sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan persoalan lahan yang ada di TNTN.

Menurut penuturan petugas, dalam sosialisasi ini sudah ada 2 (dua) calon kelompok yang akan mengajukan program kemitraan, dan segera akan dilakukan inventarisasi serta pengukuran partisipatif bersama masyarakat.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini