Lebaran, Pendakian Rinjani Diawasi dengan Live Streaming

Sabtu, 01 Juli 2017

Lombok (01 Juli 2017). Animo pendaki untuk melakukan pendakian ke Rinjani terjadi peningkatan cukup signifikan. Menurut catatan, pendakian ke Rinjani sekitar 300-500 orang setiap hari. Pada libur panjang lebaran tahun ini jumlah pendaki meningkat 100% dibandingkan hari biasa mencapai 1000 orang lebih setiap hari. Jumlah meningkat terutama wisatawan lokal.

Antisipasi  pengamanan pendakian pada tahun ini menggunakan kamera cctv yang terpasang pada titik-titik peristirahatan yaitu Plawangan Sembalun, Plawangan Senaru dan Danau Segara Anak. Kamera tersebut terkoneksi dengan integrated room di pos jaga Senaru, pos jaga Sembalun dan kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani serta terkoneksi dengan smartphone pejabat dan beberapa petugas lapangan. Kamera cctv juga dilengkapi dengan fitur infrared yang dapat melihat di kondisi minim cahaya. Dengan metode ini keadaan di lapangan dapat terpantau setiap saat dan petugas dengan cepat dapat mengambil tindakan jika terjadi gangguan.

Sistem pengamanan pendakian yang didukung teknologi ini merupakan sistem baru yang sedang dikembangkan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dalam rangka manajemen pengunjung. Kedepannya akan dibangun lagi beberapa titik, add on jaringan internet serta komunikasi dua arah demi keamanan dan kenyamanan pendaki sehingga setiap aktivitas pendaki termonitor terekam di database. Setiap kejadian kecelakaan pendakian, setiap kejadian pendaki buang sampah sembarangan, setiap kejadian tindak kejahatan oleh pendaki lain dalam pantauan kamera akan diantisipasi secara cepat oleh petugas. Petugas pos jaga di Senaru dan Sembalun merupakan gabungan dari petugas pemungut PNBP, petugas asuransi, Polhut, Peh, Penyuluh, Tim evakuasi dan medis serta kepolisian setempat.

 Sumber: Teguh TN Rinjani

Video CCTV Streming

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini