Antisipasi Penularan Covid-19, BBTNTC Lakukan Rapid Test

Selasa, 10 November 2020

Manokwari, 10 November 2020. Seiring dengan meningkatnya kasus Corona di Provinsi Papua Barat khususnya Kabupaten Manokwari, Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) melakukan langkah antisipatif dengan melakukan Rapid Test kepada seluruh pegawai pada Senin, 9 November 2020.

Kepala Bagian Tata Usaha BBTNTC, Hendrikus Rani Siga, mengatakan tujuan dilaksanakannya Rapid Test ini untuk memastikan seluruh staf BBTBTC bebas Covid-19. “Apabila teridenti?kasi ada yang reaktif maka akan dilanjutkan dengan SWAB dan isolasi”, ujarnya.

Dengan mendatangkan tenaga medis, metode pemeriksaan secara cepat ini dilaksanakan di ruang rapat BBTNTC. Menggunakan alat catridge mengambil sampel berupa darah dari jari (kapiler). Pemeriksaan ini untuk melihat adanya  antibodi yang ada dalam tubuh ketika ada infeksi virus.

"Ada 60 pegawai BBTNTC yang melakukan Rapid Test", demikian yang dikatakan Samsul Rahman, bendahara BBTNTC sekaligus koordinator pelaksana. Dari hasil Rapid Test tersebut, dua orang staf dinyatakan reaktif oleh tim medis. Menurut Samsul, staf tersebut akan melakukan Swab Test lagi, dan jika positif Covid-19 akan dikarantina mandiri.

Dari data Dinas Kesehatan provinsi Papua Barat, jumlah kasus positif corona di provinsi ini mencapai 4.509 orang atau 17,0% dari total jumlah orang yang telah diperiksa sebanyak 26.487 orang, 3.880 orang diantaranya dinyatakan sembuh. Secara persentase tingkat kesembuhannya mencapai 86,1%.

Untuk mencegah penularan virus corona staf BBTNTC dihimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menjaga kesehatan agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas terjaga, mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun, hindari kontak di kerumunan massa, serta menggunakan masker dimanapun berada.

Sumber: Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini