“Atraksi Gajah” Primadona Wisata Taman Nasional Way Kambas

Sabtu, 01 Juli 2017

Way Kambas (30/6/17), Atraksi gajah di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas menjadi primadona destinasi wisata para wisatawan Lampung maupun wisatawan nasional dan mancanegara yang berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas pada masa liburan hari Raya Idul Fitri 1438 H, tahun 2017 ini.

Rangkaian atraksi gajah yang ditampilkan di area gedung atraksi Pusat Latihan Gajah TN Way Kambas, dengan dipandu oleh pemandu acara dimulai dengan tampilnya 10 ekor gajah atraksi, yang keluar beriringan bergandengan, ujung ekor gajah yang didepan dipegang dengan belalai gajah yang barada dibelakangnya, layaknya manusia bergandengan tangan. Sebagai tanda simbolis rangkaian atraksi gajah, seekor gajah bertugas menarik tali bendera untuk dikibarkan di tiang bendera dengan gajah-gajah lainnya berbaris memberi hormat bendera, dan kemudian juga memberi salam hormat kepada penonton, seperti apel bendera saja. Berbagai atraksi ketrampilan ditunjukan oleh gajah-gajah ini, antara lain, berdiri berputaran diatas tunggak beton diameter 60 cm, berdiri dengan dua kaki diatas tunggak, juga menggendong sang pawang dengan belalai sambil berputar diatas tunggak.

Bagian menarik selanjutnya adalah penonton diajak ber-interaksi dengan gajah-gajah, beberapa penoton diminta ke tengah arena untuk berlomba bermain hula-hop dengan gajah, penonton memberi pertanyaan hitungan/ matematika dan dijawab oleh gajah dengan mengambil angka jawaban yang disediakan antara angka 1 sampai dengan angka 5, yang paling heboh adalah gajah berjoget di iringi musik dangdut dan mendapat saweran dari penonton. Mulai anak-anak sampai orang dewasa tertarik mendekati gajah sambil membawa uang kertas dan diberikan kepada gajah yang diterima dengan ujung belalainya.

Atraksi pamungkas yakni tim sepakbola gajah menunjukan kebolehannya dalam aksi menendang bola ke gawang dari titik penalti. Gemuruh sorak sorai penonton ketika salah satu gajah menendang bola dan masuk ke gawang, golll... teriak penonton sambil bertepuk tangan. Ada juga gajah kecil yang dengan semangatnya berlari akan menendang bola, tetapi ketika sudah dekat, bola tidak dapat ditendangnya, penonton bergemuruh tertawa menyaksikan kelucuan si-gajah kecil.    

Selain atraksi gajah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam sekitar Pusat Latihan Gajah dengan menumpang kereta gajah, yang dapat membawa sekitar 20 orang berkeliling sekitar lokasi konservasi gajah di Taman Nasional Way Kambas. Atau bilamana ingin menaiki gajah secara langsung, juga disediakan gajah tunggang yang dapat membawa 3 orang berkeliling disekitaran halaman kantor PLG TN Way Kambas saja.

Sejak tanggal 26 Juni 2017 (hari ke-2 Idul Fitri) sampai dengan tanggal 29 Juni 2017 sudah tercatat 15.396 orang pengunjung yang datang ke PLG TN Way Kambas, informasi petugas loket di pintu masuk gerbang Plang Ijo yang berada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Way Kanan yang dipimpin oleh Bapak Aripin Nur, SH. Yang mana juga terdapat loket di pintu masuk Simpang Proyek dan Margahayu yang berada di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Kuala Penet, dibawah pimpinan Bapak Nopriyanto, S.P, M.I.L.  

Kepala Balai TN Way Kambas, Subakir, S.H, M.H, menyampaikan dengan adanya perencanaan dan dukungan koordinasi dan kerjasama  semua fihak, baik dari petugas lingkup Balai TN Way Kambas, Polisi Kehutanan, Pengendali Ekositem Hutan, Penyuluh, Staf, juga Masyarakat Mitra Polhut, serta dibantu dengan Pramuka Saka Wanabakti, masyarakat sekitar kawasan, juga dari unsur Kepolisian dan TNI, serta Pemerintah Daerah Lampung Timur, aktifitas kunjungan wisata ke Taman Nasional Way Kambas berjalan lancar, aman dan nyaman.

Sumber: TN Way Kambas

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini