Kunjungan Kerja BTN Bunaken ke Jurang Jero, TN Gunung Merapi

Senin, 28 September 2020

Magelang, 27 September 2020. Pengelolaan kawasan bersama masyarakat menjadi model pengelolaan kawasan konservasi yang dianut seluruh UPT balai taman nasional di Indonesia, demikian juga yang dilaksanakan oleh Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) serta Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM).

Pada kesempatan ini, 8 (delapan) orang dari TN Bunaken melakukan kunjungan kerja ke Obyek Wisata Alam (OWA) Jurang Jero, TNGM.

Jurang Jero merupakan salah satu OWA yang dikelola BTNGM bersama dengan Kelompok Wisata Taman Jurang Jero.  Ada karakter yang tentu berbeda dengan pengelolaan kawasan konservasi di tempat lain, khususnya terkait wisata. TN Bunaken memiliki kawasan yg didominasi pantai, laut dan kepulauan, sedangkan di TNGM didominasi oleh ekosistem gunung dan pegunungan.

Ramah tamah dan diskusi berlangsung dengan akrab antara pengelola OWA Jurang Jero, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Srumbung, serta TNB.  Asrinya Jurang Jero, di lereng Gunung Merapi sisi barat, menjadi daya tarik tersendiri bagi rekan-rekan TNB, karena berbeda dengan habitat asli TNB. 

Banyaknya kunjungan kerja ke kawasan konservasi TNGM menjadi sarana untuk berdiskusi tentang pengelolaan kawasan konservasi di UPT masing-masing, sehingga dari TNGM pun mendapat ilmu dari UPT lain tanpa harus berkunjung langsung ke sana. 

***

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini