Libur Lebaran, Danau Sentarum Diserbu Wisatawan

Senin, 26 Juni 2017

Sintang (26/6/2017) Momen liburan panjang ldul Fitri 2017 dimanfaatkan warga Kalimantan Barat khususnya sekitar Kabupaten Kapuas Hulu dan Sintang untuk mengunjungi objek-objek wisata lokal. Danau Sentarum, khususnya Resort Wisata Tekenang menjadi salah satu primadona objek ekoturisme mereka. Total pengunjung pada Hari H dan H+1 Lebaran mencapai 922 orang, terdiri dari 314 Pengunjung Rombongan dan 608 Pengunjung Non-Rombongan. Terjadi lonjakan signifikan jumlah pengunjung, yakni 315,75% dibandingkan rangkaian libur lebaran tahun sebelumnya. Peningkatan jumlah pengunjung diprediksi terus bertambah seiring masih tersisanya liburan lebaran tahun ini.

Sejak hari H lebaran wisatawan memadati kawasan Resort Tekenang. Mereka berbondong-bondong mendaki Bukit Tekenang untuk melihat view Danau Sentarum secara utuh. Dari atas menara pengawas di puncak Bukit Tekenang mereka disuguhkan pemandangan eksotis Danau Sentarum dengan  gugusan pulau-pulau kecilnya.

Secara umum pengunjung pada Hari H Lebaran didominasi dari daerah sekitar Danau Sentarum yakni Lanjak, Sekulat, Pengembung, Leboyan, Empanang, Semalah, dan Semangit. Sementara Hari H+1 pengunjung berasal dari daerah yang lebih jauh meliputi Pontianak, Sekadau, Sintang, Badau, dan Putussibau. Pengunjung rombongan terdiri dari anak sekolah dan satu kampung dari wilayah Sekulat dan Semangit. Beberapa pengunjung yang diwawancarai menyampaikan bahwa libur lebaran tahun ini merupakan kunjungan kesekian kalinya di Resort Wisata Tekenang serta mereka merasakan adanya peningkatan kualitas layanan di Danau Sentarum. Harga tiket senilai Rp.7.500,- untuk pengunjung non-rombongan serta Rp.4.500,- untuk rombongan dirasa terbayarkan dengan suguhan indah  pemandangan Danau Sentarum serta peningkatan kualitas layanan.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini