Bukannya THR Yang Diperoleh, Malah Satwa Liar Yang Didapat

Rabu, 21 Juni 2017

Bandung – Diakhir bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri, alih-alih mendapat THR, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan Satwa Liar Balai Besar KSDA Jabar pada hari Rabu tgl  21 juni 2017  malahan  menerima penyerahan sukarela satwa liar, antara lain: 1 (satu) ekor Buaya muara (Crocodylus porosus) jenis kelamin jantan, usia sekitar 3 tahun, panjang 1,2 m serta dlm kondisi sakit, ada luka disekitar pinggang.

Penyerahan sukarela ini, diawali adanya informasi dari masyarakat tentang kepemilikan Buaya muara (Crocodylus porosus),  yang diterima pada hari Selasa sore tgl 20 juni 2017 sekitar jam 17.30 WIB, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW IV Purwakarta. Informasi ini ditindaklanjuti dengan melakukan pulbaket dan pendekatan secara persuasif. Akhirnya satwa tersebut diserahkan secara sukarela oleh yang bersangkutan dan saat ini dititipkan di penangkaran Buaya di Blanakan Subang yang dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat Banten. 

Di hari yang bersamaan Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW II Bogor, telah melakukan penertiban dan menerima penyerahan sukarela koleksi satwa PT. Kidang Gesit Perkasa di Cikidang, Sukabumi, dimana perusahaan tersebut baru mendapatkan persetujuan prinsip pembangunan lembaga konservasi dalam bentuk taman satwa yang berakhir 27 Februari 2017, namun sampai kurun waktu tersebut pemegang izin belum dapat memenuhi kewajibannya sehingga Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW II Bogor mengambil langkah penertiban terhadap koleksi satwanya, yaitu :   

  1. Kakatua raja sebanyak 1 ekor
  2. Kucing emas sebanyak 2 ekor
  3. Burung merak hijau sebanyak 4 ekor.
  4. Burung kasuari sebanyak 1 ekor
  5. Julang mas sebanyak 1 ekor
  6. Binturong sebanyak 3 ekor
  7. Kangkareng sebanyak 1 ekor
  8. Harimau benggala sebanyak 1 ekor.

Satwa-satwa tersebut saat ini dititip rawat di Taman Safari Indonesia Cisarua Bogor

Sementara itu Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL BBKSDA Jawa Barat menerima penyerahan secara sukarela 1 (satu) ekor satwa tidak dilindungi jenis Ular Sanca (Phyton  sp) dari masyarakat an. Sdr. Endih Taryudin dengan alamat Kp. Sekepeuer, RT 03/RW 03, Ujung Berung, Kota Bandung.

Berdasarkan informasi dari yang bersangkutan bahwa Satwa tersebut ditemukan di sekitar kebun rumahnya pada hari Senin tanggal 19 Juni 2017. Setelah itu, satwa tersebut dirawat dan selanjutnya diserahkan ke BBKSDA Jabar. Saat ini, satwa tersebut berada di kandang transit kantor BBKSDA Jabar.

Di tempat terpisah Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW V Garut, menerima penyerahan sukarela 1 (satu) ekor Kukang (Nyticebus sp) dari masyarakat an. Sdr. Gugun Gunawan yang beralamat di jalan Guntur Kampung Al-Ikhlas Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota Kota. Garut.

Sumber Info: BBKSDA Jawa Barat

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini