Balai Besar TNBKDS Gandeng 16 Calon Mitra Kerjasama Guna Penyusunan RPP Dan RKT

Selasa, 20 Juni 2017

Putussibau, 20 Juni 2017. Guna penguatan fungsi Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) dan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Pihak Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum melaksanakan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) dengan 16 calon mitra kerjasama.

Penyusunan RPP dan RKT ini merupakan tindak lanjut dari surat dari Direktur Jenderal KSDAE Nomor : S.293/KSDAE/PIKA/ /KSA.0/06/2017 tanggal 9 Juni 2017 tentang Persetujuan Kerjasama antara Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum dengan 15 (lima belas) Mitra Kerjasama. Mitra kerjasama tersebut berasal dari berbagai elemen antara lain : Pemerintah Daerah, Akademisi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kelompok penggiat usaha pariwisata.

 Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari yang berlangsung tanggal 16-17 Juni 2017 di Putussibau yang dihadiri oleh 6 Mitra Kerjasama antara lain 1). Dinas Pendidikan dan Kebuyaaan Kapuas Hulu, 2). Fakultas Pertanian Universitas Kapuas, 3). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kapuas, 4). Koperasi APDS (Asosiasi Periau Danau Sentarum, 5). Komunitas Pariwisata Kapuas Hulu (KOMPAKH) dan 6). Koperasi Asosiasi Periau Muara Belitung (APMB).

Sedangkan pelaksanaan kegiatan di Pontianak selama 2 hari pada tanggal 19-20 Juni 2017 yang di hadiri oleh 10 mitra kerjasama antara lain 1). Fakultas Kehutanan Universitas Tanjung Pura 2). WWF Program Kalimantan Barat, 3). PRCF Indonesia, 4). Yayasan Riak Bumi, 5). Perkumpulan KABAN, 6). Yayasan Dian Tama, 7). Canopi Indonesia, 8). Yok Kita Tour, 9).LPS Air dan 10) Sintang Orangutan Center (SOC)

Kepala Balai Besar TNBKDS Ir. Arief Mahmud, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa perlunya kerjasama mitra dalam rangka mendorong tercapainya efektifitas dan optimalisasi pengelolaan kawasan konservasi dalam rangka  mendukung pencapaian Indikator Kinerja Kegiatan (IKK) masing-masing direktorat lingkup Eselon I Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

Selain itu, Kepala Balai Besar mengharapkan program dan kegiatan mitra dapat mengisi kekosongan program dan  kegiatan (filling the gap) yang saat ini dilakukan oleh pihak Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum khususnya dalam ruang lingkup kerjasama penguatan kelembagaan; kerjasama perlindungan kawasan; kerjasama pengawetan flora dan fauna; kerjasama pemulihan ekosistem; kerjasama pengembangan wisata alam; dan kerjasama pemberdayaan masyarakat.  

Selain itu Ir. Arief Mahmud,M.Si  menekankan secara adminsitrasi kerjasama mitra mengikuti Peraturan Menteri Kehutanan  Nomor. 85 tahun 2014 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kerjasama Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian dan mengucapkan terimakasih kepada ITTO (International Trofical Timber Organization) yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) ini.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini