TNAL Membuat Desain Sarpras Wisata Alam

Selasa, 20 Juni 2017

Sofifi, 20 Juni 2017. Meneruskan rangkaian pembuatan dokumen perencanaan pengelolaan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL), mulai dari dokumen Zonasi, RPJP, Desain Tapak sampai dokumen Master Plan dan Site Plan Wisata Alam, kali ini Balai TNAL akan melaksanakan pembuatan dokumen DED (Detail Engineering Design) yang sempat tertunda pada tahun 2016 lalu.

Bersama dua tenaga ahli bidang desain bangunan dari Yogyakarta, tiga petugas Balai TNAL diperintahkan Kepala Balai untuk mendampingi survey terkait penyusunan dokumen DED. Hari pertama tanggal 17 Juni 2017 survey dilaksanakan di Resort Binagara, desa Ake Jawi, Halmahera Timur. Tim pelaksana berhasil memetakan dan mendokumentasikan titik-titik letak bangunan yang telah dicantumkan di dokumen Site Plan Wisata Alam Balai TNAL. Terdapat sedikit perubahan di area bumi perkemahan. Hal ini dikarenakan terdapat perubahan penetapan batas kawasan TNAL. Hasil lainnya adalah beberapa ide rancangan bangunan yang disampaikan oleh tenaga ahli selama survey yang tidak pernah terbayang oleh petugas lapangan, misalnya bangunan stasiun penelitian Bidadari yang awalnya hanya sebagai bangunan biasa dilahan datar menjadi bangunan yang rencananya akan dibangun menggantung diatas pohon-pohon.

Hari ke-2 survey dilaksanakan di Resort Tayawi desa Koli, Kota Tidore Kepulauan. Sempat ragu melaksanakan survey karena terdapat kabar bahwa terjadi banjir di desa tersebut, tetapi tim pelaksana tetap mencoba melaksanakan kegiatannya. Tantangan yang dihadapi setelah tim datang di Resort Tayawi adalah menyeberangi sungai yang satu hari sebelumnya terjadi banjir. Hasil dari survei lokasi tata letak sarana wisata sama dengan hasil Resort Binagara, karena batas kawasan TNAL telah bergeser sesuai dengan SK penetapan kawasan TNAL Blok Aketajawe.

“Kawasan TNAL sangat bagus dan alami, sayang jika satu bangunan hanya didesain yang biasa-biasa, sebaiknya satu bangunan dapat dibuat beberapa wahana”, ujar Mas Nunu, tenaga ahli yang dikontrak jasanya oleh TNAL.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

videograper: M. Sofyan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini