Nilai METT TN Kutai Meningkat, Konservasi Lebih Menggeliat

Jumat, 16 Juni 2017

Bontang, 16 Juni 2017. Balai Taman Nasional Kutai menyelenggarakan kegiatan penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi (Self Assesment METT) tahun 2017. Penilaian ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana pengelolaan telah dilakukan dalam kerangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Selain dihadiri oleh seluruh jajaran Balai Taman Nasional Kutai, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Mitra TN Kutai, Sekretariat kerjasama pembanggunan strategis yang tidak dapat dielakkan di TN Kutai, dan Prof. Anne Russon dari York University Canada (Peneliti Orangutan Morio di TN Kutai). Self Assesment METT ini juga dihadiri oleh Bapak Dian Risdianto, S.Si., M.Si. (Kepala Seksi Perencanaan KPA, Direktorat Kawasan Konservasi) selaku narasumber dan Bapak Aganto Seno, S.Si., M.Sc. (Kepala SKW I BKSDA Kalimantan Timur selaku fasilitator.

Bapak Dian menyampaikan materi terkait penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi. Dalam presentasinya, Bapak Dian menyampaikan bahwa penilaian efektivitas pengelolaan kawasan konservasi bermanfaat untuk memberi panduan dalam penggunaan sumberdaya supaya lebih efektif, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi, meningkatkatkan kesadaran atas nilai kawasan konservasi, menjadi alat bantu evaluasi dan perencanaan, serta merupakan komitmen internasional. Adapun narasumber dari Balai TN Kutai menyampaikan materi terkait strategi pengelolaan Taman Nasional Kutai.

Setelah presentasi dari narasumber, dilakukan penilaian dengan dipandu oleh fasilitator serta membuat rekomendasi/langkah tidak lanjut. Berdasarkan hasil self assesment, nilai METT TN Kutai diketahui sebesar 80%. Nilai ini meningkat dibandingkan penilaian penilaian awal pada tahun 2015 yakni sebesar 64% dan hasil exercise Direktorat Kawasan Konservasi pada tahun 2016 sebesar 70%. Meskipun sudah melampaui target yang ditetapkan sebesar 70%, Balai TN Kutai tetap berkomitmen untuk meningkatkan nilai METT ini kedepan dengan cara melaksanakan rekomendasi yang disusun. Semoga efektivitas pengelolaan TN Kutai dapat terus ditingkatkan.#BTNK

Sumber Info : Balai TN Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini