Penanganan Konflik Gajah Kelompok Bencah Kelubi

Kamis, 15 Juni 2017

Riau - 15/06/2017, Konflik satwa liar khususnya gajah sumatera dengan warga Desa Karya Indah kini terulang lagi, saat ini lokasi gajah liar berada di RT 06 RW 05 Desa Karya Indah, Tapung Riau. Daerah tersebut merupakan daerah jelajah gajah yang pada tiap tahunnya gajah melintas. Setelah melintasi Desa Karya Indah biasanya gajah liar tersebut akan mengarah ke hutan Korem Desa Bencah Kelubi terkecuali gajah liar tersebut dihadang dan diusir balik.

Sampai dengan tadi malam gajah masih bertahan di akasia dengan penjagaan di beberapa titik oleh masyarakat dan tim dari Balai Besar KSDA Riau untuk mengupayakan gajah tersebut tidak keluar  dikarenakan kebun masyarakat akan panen. Sebelumnya gajah telah sempat merusak kebun warga dimana terdapat tanaman semangka, pisang dan pepaya.

Kabar terakhir disampaikan tim BBKSDA Riau, bahwa pagi ini tim di lapangan telah berhasil menggiring gajah liar tersebut sampai pinggiran sungai Kandis arah hutan Korem dengan harapan gajah segera menyeberang untuk meninggalkan perkampungan tersebut.

Banyak faktor yang memicu konflik gajah dan manusia, umumnya konflik satwa ini terjadi karena habitat gajah terganggu. Habitatnya merupakan hutan berubah fungsi menjadi perkebunan ataupun lahan bercocok tanam masyarakat.

Sumber Info: BBKSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini