Anak Kecil, Serahkan Penyu Sisik ke Pos Jaga Resort Balai TN Taka Bonerate

Jumat, 17 Juli 2020

Jinato, TN Taka Bonerate - Kepulauan Selayar,17 Juli 2020. Hari ini (17/7) kembali warga menyerahkan 1 individu Penyu berjenis Sisik, Setelah beberapa hari lalu (15/07) warga bernama Hasse menyerahkan 1 seekor Penyu Hijau remaja ke petugas resort Jinato. Kali ini seorang anak kecil bernama Supran menyerahkan langsung ke komandan Resort Dadang Hermawan.

Setelah petugas pos resort melakukan pengukuran fisik yang dibantu oleh penyuluh Syamsuriani, secara bersama-sama si Penyu dilepasliarkan di depan pantai resort Jinato yang disaksikan juga Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Jinato, Ibu Aisyah Amnur. Kalau diliat dari ukuran karapas Penyu Sisik ini sudah tergolong dewasa dengan panjang 31 cm dan lebar 27 cm.

Sekedar informasi, Supran adalah anak dari warga bernama Bahe yang juga ketua Masyarakat Mitra Polhut desa Jinato. Bapak dan anak pun berinisiasi menyerahkan binatang dilindungi ini ke petugas resort. Menurut penuturan Supran, Penyu Sisik ini ditemukan oleh ayahnya di Pulau Lantigiang saat menjaring.

"Sisiknya (penyu) masuki ke jaring bapakku," ucap Supran sambil malu-malu.

Kebetulan di halaman pos jaga Resort Jinato sekelompok anak-anak Sekolah Dasar sementara belajar, petugas mencoba untuk mengajak bergabung bersama-sama melepaskan Penyu ini. Anak-anak pun gembira melepaskan si Penyu Sisik.
Semoga si Penyu kembali dan bertelur banyak disepanjang pantai Jinato ini.

"Dengan seringnya warga menyerahkan temuan Penyu, semoga ini adalah indikasi masyarakat sadar akan pentingnya binatang Purba ini dilindungi undang-undang," ujar Aisyah Amnur

Sumber (Foto & Teks) : Asri - PEH Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato, Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini