Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan TN Babul

Kamis, 08 Juni 2017

Penyampaian materi oleh Camat Cenrana, Drs. Moehammad Yani pada Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

 

Camba, 8 Juni 2017. Bertempat di halaman kantor SPTN Wilayah II Camba, Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) selenggarakan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kampanye yang berlangsung tanggal 8 Juni 2017 ini mengusung tema “Bersama kita cegah kebakaran hutan dan lahan”. Wilayah SPTN II Camba dipilih menjadi tempat kampanye karena lokasi ini pada pertengahan tahun 2015 silam terjadi kebakaran di Hutan Diklat Unhas yang berbatasan langsung dengan kawasan TN Babul. Tak kurang 120 Ha hutan diklat ini hangus terbakar dalam kurun waktu 3 hari 3 malam. 

Peserta kampanye berasal dari masyarakat yang berada di daerah penyangga TN Babul, tokoh masyarakat se-Kecamatan Cenrana, Kepala Desa lingkup Resort Camba, Masyarakat Mitra Polhut (MMP) lingkup SPTN Wil. II, Polsek Camba, Koramil 1422-03 Camba, dan Puskesmas Cenrana. Tak kurang dari 70 peserta hadir memeriahkan kampanye karhutla ini.  

Kampanye Karhutla ini dibuka langsung oleh Kepala Balai TN Babul. Dalam sambutannya beliau mendukung upaya pengendalian Karhutla dengan membentuk Manggala Agni Non Daops TN Babul. “Air dalam tangki mobil Slip on kalau bisa hanya digunakan untuk menyiram tanaman, bukan menyiram api” tambahnya. Hal itu berarti Kepala Balai TN Babul berharap tak ada lagi kebakaran hutan. Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pencegahan Karhutla, Ir. Sunarno, MP selaku pemateri menyampaikan target Menteri LHK agar tahun ini bisa mengulang prestasi nasional tahun sebelumnya (2016) tidak ada kasus kebakaran hutan dan lahan. “Kita harus berkomitmen penuh melalui tindakan-tindakan nyata di lapangan, salah satunya seperti kampanye yang kita laksanakan ini” tambahnya.

Camat Cenrana dan Polsek Camba juga menyampaikan dukungannya dalam mencegah dan mengendalikan karhutla di TN Babul. “Kami siap memback up pengendalian karhutla di TN Babul dari sisi hukum” imbuh AKP Andi Alamsyah, SH, Kapolsek Camba.

Api kecil jadi kawan, api besar jadi lawan. Mari turut berkontribusi menjaga hutan kita dengan mencegah terjadinya kebakaran hutan atau pun lahan.

Sumber Info : Surapil - Polhut (Kepala Unit Manggala Agni Non Daops TN Babul)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini