2,5 Hektar Kawasan TN MaTaLaWa Kembali Dilahap Si Jago Merah

Jumat, 09 Juni 2017

Waingapu, 9 Juni 2017. Kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa) yang didominasi padang savanna terbuka sangat rentan terhadap ancaman kebakaran hutan. Sepanjang tahun 2017, setidaknya sudah 7 (tujuh) kejadian kebakaran hutan yang terjadi dikawasan TN MaTaLaWa dengan luas daerah yang terbakar 295,53 Ha.

Kejadian kebakaran hutan dikawasan TN MaTaLaWa kembali terjadi pada tanggal 8 Juni 2017 di Blok hutan Kangeli, termasuk kedalam wilayah kerja Resort Bidipraing SPTN II Lewa. Kejadian kebakaran hutan ini pertama kali dilaporkan oleh Kepala Desa Kangeli (Yoel D. Panggeging) pada pukul 13.30 WITA kepada Kepala SPTN II Lewa. Berdasarkan laporan tersebut tim pemadam kebakaran hutan yang langsung dipimpin oleh Kepala Balai TN MaTaLaWa (Maman Surahman, S.Hut.,M.Si) segera mempersiapkan peralatan standar pemadam kebakaran dan berkoordinasi dengan tim dilapangan guna mengetahui titik lokasi kebakaran hutan.

Setelah mempersiapkan peralatan dan personil pemadam kebakaran, tim berangkat menuju lokasi kejadian kebakaran pada pukul 14.20 WITA. Berdasarkan informasi awal dari tim pendahulu dilapangan, lokasi kebakaran hutan berada pada koordinat S 9o44’52.52” dan E 119o47’53.1” berjarak 30 Meter dari batas kawasan TN MaTaLaWa. kondisi umum lokasi kejadian berupa hamparan padang savanna dengan vegetasi pohon yang sangat jarang, kondisi angin yang tidak terlalu kencang, dan titik awal api diperkirakan berasal dari luar kawasan TN MaTaLaWa. Pembakaran tidak terkendali tersebut dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab bertujuan untuk memperoleh rumput baru sebagai pakan ternak.

Mengingat lokasi yang dicapai membutuhkan waktu yang cukup panjang dan untuk mencapai lokasi kebakaran hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, Tim pemadam kebakaran tiba dilokasi kejadian pada pukul 15.30 WITA. Setelah membaca situasi dan kondisi dilapangan tim pemadam kebakaran yang berjumlah 15 orang personil melakukan pemadaman api dengan menggunakan peralatan manual yang telah dipersiapkan. Tepat pada pukul 17.00 WITA, api berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran TN MaTaLaWa, berdasarkan pengambilan data dilapangan setelah kejadian kebakaran luas areal yang terbakar sebesar 2,54 Ha berupa hamparan padang savanna dan tidak ditemukan dampak kematian flora dan fauna pada lokasi kejadian kebakaran hutan.

Selepas kegiatan pemadaman kebakaran hutan di blok hutan Kangeli, Kepala balai TN MaTaLaWa mengapresiasi kesigapan petugas lapangan mulai dari tingkat resort, seksi wilayah hingga tingkat balai dalam menanggulangi kejadian kebakaran hutan. Selain itu beliau juga kembali mengingatkan kepada kepala seksi wilayah untuk meningkatkan kewaspadaan akan ancaman kebakaran yang bisa sewaktu-waktu terjadi,  terutama pada periode musim kering (bulan Mei hingga November).

Sumber Info :  Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini