Kapolda Kaltim Kunjungi Sangkima Jungle Park (SJP) Taman Nasional Kutai

Jumat, 14 Februari 2020

Balikpapan, 13 Februari 2020,  seperti hari biasa  Sangkima Jungle Park ramai dikunjungi wisatawan domestik. Sejak launching  pada bulan November 2019, Sangkima Jungle park tidak pernah sepi pengunjung. Fasilitas baru berupa amphiteatre yang berkapasitas 300 orang, Balai Pertemuan, Jungle trekking dan fasilitas lainnya sangat mendukung berbagai kegiatan khususnya kegiatan pendidikan lingkungan dan kegiatan kelompok kategorial lainnya.

Yang istimewa pada hari Kamis, 13 Februari 2020, Sangkima Jungle Park (SJP) mendadak kedatangan tamu istimewa dari Balikpapan, Irjen Pol. Drs Muktiono, SH.,MH., Kapolda Kalimantan Timur  beserta rombongan. Kunjungan ke SJP sebagai rangkaian kunjungan ke Sangatta Kabupaten Kutai Timur.

Disambut oleh Kepala resort Sangkima, Rif’an Arifaini, S.Hut., dan staf  Balai Taman Nasional Kutai di welcome area Sangkima Jungle Park, sebagaimana standar pelayanan wisata, kepala resort menjelaskan tentang  Wisata Alam Sangkima dan potensi serta atraksi wisata yang terdapat di Sangkima Jungle Park.  

Berkunjung ke Sangkima, memang belum sah apabila tidak melihat ulin Raksasa, potensi yang paling terkenal di Sangkima Jungle Park, pohon ulin terbesar di dunia  yang berdiameter 2.47m. Pohon tersebut  diperkirakan berumur  lebih dari 1000 tahun.  Demikian pula dengan Kapolda Kaltim yang mengunjungi Sangkima Jungle Park, khususnya karena ingin melihat dari dekat pohon ulin raksasa.

Jarak tempuh dari welcome area sejauh 970 m, bukan halangan untuk melihat pohon yang sangat fenomenal tersebut. Apalagi sepanjang perjalanan menuju pohon ulin juga merupakan atraksi wisata berupa boardwalk dari papan ulin yang melintasi hutan hujan Diptrocarpaceae, yang menyajikan pemandangan alam serta suasana damai yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bagi yang tertarik dengan pengenalan jenis-jenis flora, disepanjang boardwalk terdapat pohon-pohon yang sudah berlabel dan dapat diidentifikasi dengan membawa leaflet list tumbuhan.

Dalam kunjungan ke Ulin Raksasa, Kapolda Kaltim bertemu dengan beberapa pengunjung lainnya.  Menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pengunjung lain yang berkesempatan bertemu orang nomor 1 di  wilayah kepolisian Kaltim, ditengah hutan dan dapat mendokumentasikan pertemuan melalui foto bersama di depan pohon Ulin raksasa Sangkima.

Kunjungan Kapolda Kaltim ke Sangkima Jungle Park, Taman Nasional Kutai merupakan kebanggaan tersendiri bagi Balai TN Kutai. Kepala Balai TN Kutai memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kapolda  Kaltim atas kunjungan ke TN Kutai. Semoga kunjungan ke TN Kutai semakin memperkuat tali silaturahmi dan sinergitas dalam mendukung upaya konservasi di TN Kutai dan  Kalimantan Timur secara umum.

Sumber: Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini