Kreasi Pemuda untuk Kelestarian Alam Pulau Sumba

Senin, 16 Desember 2019

Waingapu, 16 Desember 2019 - Para pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Pramuka dari Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Saka Bhayangkara mengadakan kegiatan Joint Camp serta Bakti Penghijauan di Bumi Perkemahan Desa Watumboka. Joint Camp tahun ini merupakan kegiatan kali ketujuh serta yang kesebelas untuk Bakti Penghijauan. Tak kurang dari 200 peserta ikut dalam kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 13-15 Desember kemarin.

Acara dibuka pada tanggal 13 Desember melalui upacara resmi yang dipimpin oleh Inspektur Upacara selaku Kamabisaka Saka Wanabakti, Ir. Memen Suparman, M.M. Dalam amanatnya, Kamabisaka menyampaikan pentingnya peran generasi muda dalam melestarikan lingkungan. Tingkat kreatifitas yang tinggi dari para pemuda dapat menciptakan metode baru guna kelestarian alam. Kamabisaka juga menyampaikan pesan agar para peserta kegiatan mengikuti seluruh kegiatan dengan baik sehingga dapat menyerap semua ilmu yang didapat serta ditularkan ke pelajar lain di sekolahnya maupun di lingkungan mereka tinggal.

Kegiatan ini juga merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke 61 Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Sumba Timur serta Bulan Menanam Nasional. Sederet pemateri mengisi kegiatan ini diantaranya materi penanggulangan dan pencegahan narkoba, pengenalan ambalan, pengendalian karhutla, dan peralatan rappelling. Puncak kegiatan acara ini adalah penanaman 200 bibit di sekitar area perkemahan.

 

Sumber: Balai TN Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini