Musim Bertelur Tiba, Penyu Lekang Mendarat di Pantai Singgah Mata Rantau Sialang

Selasa, 10 Desember 2019

Aceh Selatan, 9 Desember 2019. Setelah beberapa hari lalu, petugas Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) mendapati seekor penyu belimbing singgah di pantai Rantau Sialang, kini seekor penyu lekang (Lepidochelys olivacea) yang mendarat untuk bertelur. Pukul 01.06 WIB. pada Minggu(8/12), indukan penyu lekang ditemukan oleh petugas yang sedang melakukan patroli malam di sepanjang pantai kawasan TN. Gunung Leuser,  gampoeng Pasie Lembang, kec. Kluet Selatan, Kab. Aceh Selatan. Saat musim penyu bertelur, pantai Singgah Mata Rantau Sialang ini menjadi tempat pendaratan dan peneluran beberapa jenis penyu ,seperti penyu lekang, penyu belimbing dan penyu hijau.

Kepala Stasiun Konservasi Penyu Rantau Sialang, Soloon Syahruddin Tanjung, S.Hut, mengatakan jumlah sarang  penyu lekang /penyu abu-abu yang ditemukan yaitu sebanyak 1 sarang dengan jumlah telur sebanyak 85 butir.

“Puluhan telur penyu lekang ini berhasil kami relokasi ke dalam bak tetas semi alami dengan perkiraan jadwal tetas ± 53 hari yaitu sekitar tanggal, 29 Januari 2020”, jelasnya.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser

(Teks dan Foto @bbtngl /Efa Wahyuni/Soloon Syahruddin T, S. Hut)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini