Antusias Peserta Mengikuti Rangkain Ujian Masuk SMKK Samarinda Di Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Dan Danau Sentarum

Minggu, 14 Mei 2017

Putussibau, 22 Mei 2017. Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, menjadi tempat penyelenggaraan pelaksanaan Tes Masuk Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Negeri (SMKKN) Samarinda – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu, tanggal 13 – 14 Mei 2017. Untuk kali kedua Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) dipercaya sebagai penyelenggara Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda tahun ajaran 2017 / 2018, demikian disampaikan Kepala Bidang PTN Wilayah II Kedamin Ir. Johnny Lagawurin saat memberikan sambutan, Sabtu (13/05/2017).

Lebih lanjut Johnny menjelaskan bahwa pada Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda tahun ajaran 2017/2018 ini diikuti 45 peserta Se-Kabupaten Kapuas Hulu, yang merupakan terbanyak kedua setelah Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu menurut Johnny, tes yang diujikan ada dua jenis yaitu tes tertulis dan tes wawancara. Untuk tertulis pelajaran yang diujikan terdiri dari: Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Bahasa Inggris dan Psikotes.

Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda yang dilaksanakan di Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Putussibau merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Bupati Kapuas Hulu dan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun lalu, sehingga pelaksanaan ujiannya di Putussibau. Selain Putussibau, Pelaksanaan Tes Masuk SMKKN Samarinda hanya ada di Ibukota Provinsi, seperti: Samarinda, Tarakan, Banjarbaru, Palangkaraya dan Pontianak. Kerjasama ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan berharap banyak peserta yang lulus tes, “pungkas Ir. Arief Mahmud, M.Si selaku Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum.

Pengumuman Seleksi Tertulis dan Wawancara PPDB SMKKN Samarinda tahun pelajaran 2017/2018 diumumkan pada Rabu, 17 Mei 2017 dengan peserta yang lulus di Putussibau 44 orang dari 45, sedangkan dari Pontianak lulus semua 10 orang, terang Bu Reny selaku panitia tes tertulis dan wawancara.

Setelah lulus tes tertulis dan wawancara, selanjutnya peserta mengikuti tes fisik, anatomi dan mata, untuk wilayah Provinsi Kalimantan Barat lokasi tes di Markas Kodim 1206 Putussibau, pada tanggal 20  - 21 Mei 2017. Sersan Mayor Haryono selaku panitia tes fisik, mengaku kagum dengan peserta tes dari Putussibau yang sebagian besar terlihat kuat dan tangkas, sehingga dengan mudah menyelesaikan tes fisik, seperti lari, pull up, sit up dan vertical jump.

Zulkarnain selaku orangtua dari Sugito dari Desa Leboyan, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu sangat berharap anaknya dapat lulus tes dan bekerja di bidang Kehutanan. Karena kami selama ini hidup dan bergantung pada Danau Sentarum, sehingga berharap nanti anaknya dapat ikut berperan serta dalam mengelola kawasan konservasi dengan baik sehingga dapat dimanfaatkan secara lestari,” terangnya.

Sumber Info : Sarwono - Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini