UPT KLHK Lingkup Jawa Belajar Bersama Bagaimana Membawakan dan Membuat Berita

Selasa, 26 November 2019

Sleman, 22 November 2019. Sebagaimana arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada rapat teknis operasional percepatan implementasi program-program Hints KLHK bahwa di era digital semua orang harus bisa membawakan berita maupun membuat berita.  Atas arahan tersebut, maka Biro Humas KLHK melaksanakan Bimbingan Teknis Konten Audio Visual Humas Pemerintah dan Asistensi Analisis Pemberitaan Lingkup UPT Jawa.   Sebagai perwakilan dari BTN Gunung Merapi ada Putu Dhian Budhami dan Khamdan Primandaru, yang selama ini juga mempunyai ketertarikan mendokumentasikan kegiatan. 

Oleh karena itu, pada hari Kamis-Jumat, 7-8 November 2019 bertempat di Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan Yogyakarta, dilaksanakan Bimbingan Teknis tersebut, yang dihadiri oleh peserta dari BBPPBPTH, P3EJ, BKSDA DIY, BKSDA Jateng, BTN G.Merbabu, BTN G.Merapi, BTN Karimujawa, BTN Bromo Tengger Semeru; BPDASHL SOP Yogyakarta, BPDASHL Solo, BPDASHL Pemali – Jratun, Semarang; BPKH Wil.XI Yogyakarta; dan Balitbang Teknologi PDAS, Solo.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengoptimalkan dan meningkatkan pemberitaan dan publikasi KLHK sehingga peran institusi bisa lebih dirasakan khalayak luas.  Dalam kesempatan ini, disampaikan bahwa semua pegawai, staf hingga pimpinan harus bisa membuat dan membawakan berita.  Dan Biro Humas menerima kiriman berita (video, gambar maupun artikel. 

Terima kasih disampaikan pada rekan-rekan UPT, karena dengan dukungannya, tahun ini KLHK menjadi salah satu kementerian yang informatif, mari dilanjutkan untuk dapat menyajikan berita secara informatif. 

Kegiatan bimtek terdiri dari beberapa paparan oleh Wicaksono Adhi, project manager InaHealth TV, yaitu (a) bagaimana memproduksi berita, (b) bagaimana memproduksi feature, (c) What’s Mobile Journalism, (d) Tutorial Kinemaster (belajar dasar editing video di HP android), (e) Praktek pembuatan news dan feature, (f) Evaluasi video dan penutupan pada hari kedua. 

Dengan semakin banyak orang yang mampu membawakan dan membuat berita, maka akan lebih mudah bagi UPT menyajikan informasi sebagai komunikasi publik.

***

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini