Hari Guru : Resort Pastim dan Pasteng SPTN Wilayah 2 Kolaborasi Pendidikan Konservasi

Senin, 25 November 2019

Kepulauan Selayar, 25 November 2019. Untuk memperingati hari Guru Nasional yang bertepatan hari ini (25/11/2019). Sabtu kemarin (23/11) telah dilaksanakan giat pendidikan konservasi kepada siswa/i SMPN 31 Kepulauan Selayar yang bertempat di Pusat Informasi, Resort Pasitallu Timur.

Walaupun tempatnya sederhana, siswa - siswa nampak serius dan menikmati proses belajar - mengajar. Giat diawali dengan penyampaian materi dari Kepala Resort Pasitallu Timur Hendra Marannu, tentang akan pentingnya pendidikan dan semangat konservasi bagi generasi muda. Dilanjutkan dengan materi mengenai ekosistem laut dan sifat-sifatnya oleh Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Pertama, Khoirul Anam. Selain materi, kegiatan juga di isi dengan permainan-permainan menarik untuk membangun keakraban, kekompakan para peserta didik serta di akhir materi ada ajang sesi tanya jawab.

Pendidikan konservasi ini akan digalakkan 2 kali dalam sebulan dan mengkolaborasikan dengan resort yang berdekatan yaitu Resort Pasitallu Tengah.

"Kami akan mencoba dalam sebulan membuka pendidikan konservasi di tempat ini buat adik-adik kami di dua desa ini, Tambuna dan Pasitallu, kalaupun situasi tidak memungkinkan kami yang akan berkunjung ke sekolahnya" Jelas Hendra Marannu

Selanjutnya kami akan berdiskusi dengan Kepala Sekolah dan Guru, agar kedepannya pelajaran muatan lokal (mulok) yang ada di sekolah dapat rutin diisi dengan materi pendidikan konservasi oleh para pejabat fungsional di kedua resort ini.

Dengan digalakkannya giat ini tentunya dengan menyajikan variasi materi yang dapat membangun semangat dan jiwa konservasi para peserta didik dan situasi diluar ruangan, sehingga lebih mengenal langsung lingkungannya.

Dengan terlibatnya petugas lapangan dalam dunia pendidikan di tingkat desa dapat membantu sekolah-sekolah yang kekurangan tenaga pengajar dalam kawasan TN Taka Bonerate.

Selamat Hari Guru dari Sabang Sampai Merauke...

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai TN Taka Bonerate
Foto : Khoirul Anam & Hendra Marannu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini