Sosialisasi Pariwisata oleh BBTN Cenderawasih

Rabu, 17 Mei 2017

Sorong (17/5/2017). Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih melalui Bidang Pengelolaan Taman Nasional (BPTN) Wilayah II wasior bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata  pemuda dan Olahraga Raga Kabupaten Teluk Wondama   dan Universitas Papua (UNIPA) mengadakan kegiatan Pengembangan, Sosialisasi dan Penerapan serta Pengawasan Standarisasi Sadar Wisata bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan di Distrik Roon dan Distrik Teluk Duairi pada tanggal 15-16 mei 2017 diikuti oleh 40 orang peserta perwakilan dari masing-masing kampung di kedua Distrik tersebut. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk bisa mendongkrak perkembangan wisata di kawasan TNTC. Dikatakan oleh Kepala Dinas Parwisata, Frans E.N Mosmafa bahwa “kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan Kabupaten Teluk Wondama sebagai destinasi wisata bahari di Papua Barat”.

Potensi wisata  alam di Taman  Nasional Teluk  Cenderawasih memang perlu dimanfaatkan  bagi kesejahteraan masyarakat, tentunya dengan kaidah pemanfaatan secara lestari serta menghindari pencemaran lingkungan baik genetika, jenis, maupun ekosistem. Kerja sama  peningkatan dan pengembangan wisata di kawasan TNTC telah tertuang dalam perjanjian kerja sama kedua bela pihak untuk dapat memanfaatkan jasa lingkungan melalui pariwisata.

Pentingnya pengembangan kepariwisataan dalam rangka mendukung  kesejahteraan  masyarakat   dan  pembangunan  secara  berkelanjutan  di Taman Nasional  Teluk  Cenderawasih disambut baik oleh BBTNTC selaku pengelola kawasan, “Dengan ada dukungan Pemda kabupaten Teluk Wondama melalui Kerjasama Program ini diharapkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai Sadar Wisata, sehingga memiliki kesadaran untuk menjaga objek wisata yang ada di kawasan TNTC”, demikian yang dikatakan oleh Manerep Siregar, Kepala Seksi SPTN IV Roon.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini