Pelepasliaran Owa Jawa di CA Gunung Tilu "Ukong dan Aom Akhirnya Berjodoh...!!!

Kamis, 18 Mei 2017

Bandung (18/5/2017)Pada tanggal 17 Mei 2017, sebanyak 4 (empat) ekor Owa Jawa dilepasliarkan di Cagar Alam Gunung Tilu, tepatnya di Blok Cikakapa (2 ekor) dan di Blok  Cimencek (2 ekor). Pelepasliaran tersebut dihadiri oleh Kepala Resor Gunung Tilu, SKW III Soreang, Bidang KSDA Wil. II Soreang, perwakilan dari The Aspinall Foundation, dan Kepala Cabang Indonesia Power Pelengan.

Sebelumnya, keempat ekor Owa Jawa ini telah menjalani serangkaian proses rehabilitasi yang dilaksanakan oleh lembaga konservasi binaan Balai Besar KSDA Jawa Barat, yaitu The Aspinall Foundation. Sampai akhirnya dinyatakan siap untuk dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Keempat ekor Owa Jawa tersebut masing-masing adalah:

  1. Kevin, berkelamin jantan dengan umur 4 tahun, hasil penyerahan sukarela dari masyarakat Santolo, Pameungpeuk, Garut;
  2. Inong, berkelamin betina dengan umur 6 tahun, hasil penyerahan sukarela dari masyarakat Cibiru, Bandung;
  3. Ukong, berkelamin betina yang sempat dilepasliarkan pada tanggal 20 Mei 2014 di CA Gunung Tilu, namun karena sakit dipelihara kembali di The Aspinall Foundation;
  4. Aom, berkelamin jantan yang sempat dilepasliarkan bulan September 2014 di CA Gunung Tilu, namun karena sakit dipelihara kembali di The Aspinall Foundation.

Hal yang menarik adalah Ukong dan Aom yang sebelumnya sakit dan sempat dirawat kembali di The Aspinall Foundation, akhirnya berjodoh. Keduanya dilepasliarkan kembali di lokasi yang sama di CA Gunung Tilu. Semoga dari perjodohan mereka dapat terlahir Owa Jawa-Owa Jawa baru yang dapat meningkatkan populasi Owa Jawa di CA Gunung Tilu

Sumber: BBKSDA Jabar

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini