Kabar Gembira, Pulau Tinabo Kembali Dikunjungi Hewan Purba Laut, Si Penyu

Jumat, 01 November 2019

Pulau Tinabo - Taman Nasional Taka Bonerate, 1 November 2019. Kabar gembira hadir pada kegiatan Bina Cina Alam kemarin (24-27/10). Alhamdulillah, Pulau Tinabo kembali dikunjungi Hewan Purba Laut, Si Penyu. Suasana masih pagi di Pulau Tinabo, teman-teman bergegas ke lokasi ditemukannya sarang Penyu oleh Muha petugas kontrak Balai Taman Nasional Taka Bonerate.

"Telurnya dia simpan kurang lebih 150 meter dari demplot peneluran di sebelah timur pulau Tinabo" jelas Kepala Balai Faat Rudhianto yang langsung mendokumentasikan penemuan telur penyu ini.

Lanjut beliau menyampaikan bahwa ada dua sarang yang ditemukan oleh teman-teman resort Tinabo dan jaraknya berdekatan.

Hadir dan turut pula ketua Dharma Wanita, Thabita. Seumur-umur baru kali ini melihat langsung telur dilindungi digali, ini hari keberuntungan katanya.

"Ada tiga lubang yang ditemukan namun lubang yang satu isinya kosong" jelas Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Raduan yang didampingi oleh petugas resort Tinabo Junaidi dan Muha. Isi dua lubang sarang binatang yang dilindungi ini kemudian diamankan dengan cara diberi pagar dan dibawa ke demplot untuk memaksimalkan persentase tetas dan menghindari predator.

Semoga dengan kembalinya bertelur si Hewan Unyuk ini, bisa memancing Penyu-penyu yang lain untuk mendarat dan bertelur. Selain itu juga bisa meningkatkan jumlah populasinya. Kemudian rombongan melanjutkan dengan giat pelepasan tukik di Bungin Tinabo.

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini