Semarak

Senin, 28 Oktober 2019

Desa Latondu, 28 Oktober 2019 - Sudah menjadi kegiatan tahunan Balai Taman Nasional Taka Bonerate, tahun ini Bina Cinta Alam dipusatkan di Pulau Latondu. Giat yang bertema "Generasi Milenial Cinta Alam" ini menitikberatkan pada kegiatan aksi konservasi dan pemberian materi-materi tentang lingkungan hidup dan konservasi yang disajikan oleh pemateri yang ahli di bidangnya.

 

Berlangsung selama 4 (empat) hari dari tanggal 24-27 Oktober 2019. Dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate Faat Rudhianto. Turut hadir pula Ocean Defender Greenpeace Indonesia Ria Qorina yang juga Photografer Profesional underwater, Mitra WCS-IP, perwakilan dari UPT. Sulawesi Selatan seperti Balai Diklat LHK Makassar, TN Bantimurung Bulusaraung, Kepala SPTN Wilayah I Tarupa Raduan Parman, Ketua Dharma Wanita Balai TN Taka Bonerate, perangkat Desa Latondu dan kelompok masyarakat PAAP (Pengelolaan Akses Area Perikanan) Latondu serta Babinsa Latondu.

"Lokasi BCA (Bina Cinta Alam) tahun ini memilih lokasi Pulau Latondu, diharapkan kedepan pulau lain akan jadi tuan rumah" ucap Faat Rudhianto memulai sambutannya. Bina Cinta Alam ini diharapkan juga menumbuhkan rasa cinta dan menjaga lingkungan hidup untuk generasi muda milenial.

 

BCA Kali ini dirangkaikan dengan kalender event pariwisata pemerintah Kab. Kepulauan Selayar, Festival Taka Bonerate 2019 yang juga dipusatkan di Pulau Latondu. Dengan terlaksananya kegiatan ini masyarakat diharapkan akan lebih mengerti dan paham manfaat dan arti penting pelestarian sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Pramuka dan Pelajar sebagai komponen generasi muda milenial mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang program kegiatan pelestarian alam dan lingkungan hidup.

Selain giat penanaman pohon di Pulau Tinabo dan Pulau Latondu, Bersih Pantai, belajar transplantasi karang, pelepas-liaran tukik, lomba yel-yel, pentas seni dan tentunya banyak games yang melatih kekompakan peserta dengan bermacam-macam hadiah menarik. Di penghujung acara malam penutupan, Kepala Dinas Kepariwisataan Kepulauan Selayar Andi Abdul Rahman menyempatkan hadir dan memberi sambutan sekaligus menutup resmi acara Bina Cinta Alam Tahun 2019.

 

"Harapan saya kepada kepala balai, bapak Faat Rudhianto, bahwa kegiatan Bina Cinta Alam ini ada keberlanjutan dengan kata lain dilaksanakan setiap tahunnya" Ucap Andi Abdul Rahman.

Pada kesempatan yang sama kepala dinas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepala kepala balai dan panitia pelaksana BCA sehingga acara ini berlangsung dengan semarak dan sukses karena BCA juga event supporting dari Festival Taka Bonerate 2019.

Sumber teks & foto : Asri PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini