Perlombaan Perahu Bidar Resmi di buka menjelang Festival Danau Sentarum 2019

Kamis, 24 Oktober 2019

Putussibau, 24 Oktober 2019 - Semarak Festival Danau Sentarum (FDS) 2019 semakin terasa menjelang acara pembukaan 25 Oktober mendatang. Berbagai perlombaan akan terus menghiasi selama FDS hingga acara puncak, mulai dari Perahu Bidar Tradisional, Festival Minum Madu, Karnaval Budaya, Cross Trobos, Pameran Produk Masyarakat, Lomba Olahraga Tradisional, Pentas Seni dan Hiburan Rakyat.

Perahu bidar tradisional mengangkat kebiasaan masyarakat dalam menggunakan perahu untuk berbagai aktivitas di Sungai dan Danau ini menjadi lomba pembuka menyambut hari pembukaan FDS. Masyarakat dan peserta sangat berantusias mengikuti perlombaan yang sebelumnya di jadwalkan di Kawasan Danau Sentarum namun dialihkan ke Sungai Kapuas dikarenakan air danau yang belum mendukung.

Semangat peserta tidak tanggung-tanggung, ada 35 buah Perahu Bidar yang berasal dari Kecamatan Suhaid, Embaloh Hilir, Bunut Hulu dan Bunut Hilir, Kalis, Putussibau Selatan dan Putussibau Utara yang turut berpartisipasi dan telah mengikuti technical meeting bersama Panitia Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Rabu, 23 Oktober lalu.

Perlombaan yang memperebutkan hadiah Total Rp.19.000.000 serta Piala resmi di buka oleh Plh. Sekretaris Daerah Kapuas Hulu Bapak Bung Tomo dan Plh. Kepala Balai Besar Tana Bentarum Bapak Gunawan Budi Hartono beserta seluruh peserta dan masyarakat. Lomba Perahu Bidar ini akan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 24 s.d 26 Oktober 2019 mendatang dengan pembagian waktu lomba pada mulai pukul 09.00 s.d 11.00 Wib dan 13.00 wib s.d selesai.

Setelah membuka perlombaan Perahu Bidar, Gunawan menyampaikan harapan “dengan adanya perlombaan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini kami berharap para peserta lebih semangat untuk mempersiapkan diri dalam bertanding dan kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi wisata Kapuas Hulu dengan menggangkat kearifan lokal masyarakat”.

 

Sumber: Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini