Kejar Target Pemulihan Ekosistem Kawasan Konservasi, Direktorat KK Lakukan FGD

Jumat, 12 Mei 2017

Jakarta (12/5/2017). Direktorat Kawasan Konservasi bekerjasama dengan World Research Institute (WRI) Indonesia telah mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 12 Mei 2017 di Hotel Menara Peninsula Jakarta. FGD dimaksud ditujukan untuk menyempurnakan dan menyusun Standar Kegiatan Dan Biaya (SKB) pemulihan ekosistem khusus ekosistem mangrove, ekosistem danau, ekosistem gambut, transplantasi karang serta pengendalian jenis asing invasif.

”Paksanaan pemulihan ekosistem kawasan konservasi di lapangan masih mengalami beberapa kendala, salah satunya adalah SKB untuk pemulihan ekosistem yang belum sesuai dengan kondisi lapangan. Selain itu, SKB yang ada saat ini dinilai belum mengakomodir pelaksanaan pemulihan ekosistem di beberapa ekosistem tertentu khususnya ekosistem perairan” kata Wahju Rudianto, Kepala Subdit Pemulihan Ekosistem KK.

Untuk memperoleh masukan dan saran sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah, teknis, maupun kondisi spesifik di lapangan, dihadirkan narasumber dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, yang dibahas bersama unsur K/L terkait (diantaranya Kementerian KP dan Badan Restorasi Gambut), UPT Ditjen KSDAE (diantaranya BTN Kep. Seribu dan BTN Sebangau), unsur Perguruan Tinggi dari UNILA, serta unsur LSM/NGO seperti Copenhagen Zoo, WWF, Wetland Indonesia, YOSL-OIC, dan JICS.

Hasil pembahasan ini akan dimatangkan lebih lanjut dan akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan SKB Pemulihan Ekosistem Tahun 2018 yang lebih implementatif.

Sumber : Direktorat KK

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini