Edukasi Konservasi TN MATALAWA melalui Sosialisasi Konservasi ke Sekolah SMPN 2 Karera

Jumat, 12 Mei 2017

Waingapu, 13 Mei 2017. SPTN Wilayah III Matawai Lapau Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN MATALAWA) melaksanakan Sosialisasi Konservasi ke Sekolah bertempat di SMPN 2 Karera, Desa Nggongi, Kecamatan Karera. Maksud kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi  tentang betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan termasuk kawasan TN MATALAWA.

Acara diikuti  oleh siswa-siswi kelas VII dan VIII dengan jumlah peserta 73 orang. Sedangkan pemaparan materi disampaikan  oleh 2 (dua) orang pejabat fungsional yaitu Awaliah Anjani, S.Hut (Calon Pengendali Ekosistem Hutan) dan Muh. Irsyad Fadian Tahir, S.Hut (Penyuluh Kehutanan).

Materi yang dipaparkan pada acara tersebut diantaranya adalah pengenalan tentang TN MATALAWA termasuk didalamnya potensi flora dan fauna. Disamping itu dilakukan pemutaran film dokumenter untuk lebih memberikan pemahaman tentang TN MATALAWA.

Sebagaimana diketahui bahwa desa Nggongi adalah salah satu desa disekitar kawasan TN MATALAWA. Masyarakat desa Nggongi sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan peternak, sehingga ancaman perambahan untuk keperluan bercocok tanam serta  pemenuhan pakan ternak tentu akan mengganggu kelestarian dan eksistensi  kawasan TN MATALAWA.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi Konservasi ke Sekolah ini dapat menumbuhkan jiwa konservasionis pada generasi muda khususnya siswa siswi SMPN 2 Karera. Harapan lainnya adalah mampu  untuk menyampaikan pesan pesan konservasi bidang lingkungan hidup dan kehutanan khususnya kawasan TN MATALAWA kepada teman, saudara dan khalayak luas.

(Sumber : BTN MATALAWA)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini