Gelar Teknologi dan Pameran Desa Binaan Taman Nasional Matalawa

Kamis, 10 Oktober 2019

Waingapu, 10 Oktober 2019. Keberadaan desa yang berbatasan dengan kawasan Taman Nasional seringkali menjadi bumerang bagi pengelolaan kawasan karena terkadang menjadi ancaman bagi kawasan. Untuk mengantisipasi hal itu serta meningkatkan kreativitas dan perekonomian masyarakat desa, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) telah beberapa kali memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat desa.

Msayarakat desa yang telah diberikan bantuan memperoleh kesempatan untuk melakukan show off produk-produk yang telah mereka kembangkan. Produk-produk yang dipamerkan antara lain jamu kunyit dari Desa Kambatawundut, telur asin dari Desa Langgaliru, kopi Sumba dari Desa Laputi, gula sabu dari Desa Umamanu, dan lain-lain. Undangan yang datang dapat mencoba langsung produk-produk tersebut serta memesan dan melakukan pembelian kepada kelompok masyarakat.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, dalam acara Gelar Teknologi dan Pameran Desa Binaan Taman Nasional Matalawa yang diadakan beberapa waktu lalu menyampaikan rasa bangga kepada para kelompok masyarakat yang telah berhasil dalam mengembangkan produk-produk unggulan dari potensi desanya sendiri. Beliau berharap bahwa usaha yang telah dirintis bersama ini dapat terus berlanjut serta meningkatkan perekonomian masyarakat dan pada akhirnya mengurangi tekanan terhadap kawasan taman nasional.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini