Geliat Edukasi Satwa di SFF Bunder

Senin, 07 Oktober 2019

Yogyakarta 6 Oktober 2019. Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder merupakan salah satu lokasi pengembangan indukan (stock center) rusa dan pusat penyelamatan satwa yang berada di sebagian lahan di kawasan Tahura Bunder. Selaku pengelola SFF Bunder, Balai KSDA Yogyakarta juga menggunakannya sebagai media pembelajaran dan edukasi satwa kepada masyarakat.

Selama dua hari berturut-turut petugas di SFF Bunder menerima kunjungan siswa yang terdiri atas 165 orang pelajar dan guru MTsN 3 Gunungkidul (5/10/19) dan 75 orang santri dari Pendidikan Santri Adz-Dzikro (PESAD) yang didampingi wali murid dan guru pembimbingnya. Kunjungan siswa MTsN 3 Gunungkidul dan Santri PESAD ini diterima dengan baik oleh personil Balai KSDA Yogyakarta yang sehari-hari bertugas di SFF Bunder.

Disamping pemberian informasi mengenai profil singkat SFF Bunder, para siswa dan santri ini diberikan tambahan pengetahuan terkait Pengenalan Jenis Flora dan Fauna yang ada di SFF Bunder; Pengetahuan umum tentang satwa dilindungi; Edukasi tentang Rusa Timor, Raptor, MEP, Paruh Bengkok, dan Mammal; serta Pengetahuan tentang upaya konservasi yang ada di SFF Bunder. Tambahan materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah melukis dengan menggunakan daun yang disambut dengan antusias oleh para santri dari PESAD.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi merespon kunjungan siswa MTsN 3 Gunungkidul dan Santri PESAD ini. “Langkah ke depan yang diambil Balai KSDA Yogyakarta adalah selain tetap memproyeksikan SFF Bunder sebagai stock center rusa dan pusat penyelamatan berbagai jenis satwa liar, kawasan ini akan ditata kembali sehingga dapat mendukung sarana edukasi yang akan dilengkapi dengan pusat informasi. Dengan demikian saat menerima kunjungan seperti ini transfer informasi bisa dilakukan dengan lebih baik didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. jelas M. Wahyudi.

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini