TN Kerihun Dan Danau Sentarum Bersama Mitra Fasilitasi Pembentukan Kelompok Pengelolaan Wisata

Minggu, 07 Mei 2017

Datah Dian, 7 Mei 2017.  Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS), bermitra dengan Komunitas Pariwisata Kapuas Hulu (KOMPAKH), WWF Indonesia, beserta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata bekerja sama memfasilitasi pembentukan Kelompok Pengelola Pariwisata di Desa Datah Dian. Dalam kesempatannya di pertemuan tanggal 7 Mei 2017 di Rumah Adat Ma’ Suling Desa Datah Dian, masing-masing perwakilan fasilitator dari BBTNBKDS, KOMPAKH, WWF Indonesia, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata menyatakan pembentukan Kelompok Pengelolaan Pariwisata di Desa Datah Dian sangat dibutuhkan mengingat kini objek-objek / destinasi wisata di dalam kawasan Taman Nasional mulai gencar dipromosikan oleh stakeholder tersebut diatas.

BBTNBKDS mendorong percepatan kegiatan pariwisata dengan menyediakan beberapa fasilitas pendukung seperti camping ground, jalur interpretasi, dan penentuan jalur body rafting sepanjang 600 m di Sungai Mentibat. Menurut M. Seban (perwakilan Dinas Olahraga, Pariwisata dan Pariwisata) mengatakan selain fasilitas di Taman Nasional dan objek alam yang bisa dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata,masyarakat juga dapat menjadikan Upacara Dange dan tari – tarian sebagai atraksi yang bisa dijual ke wisatawan. Sektor wisata ini juga dapat dibarengi dengan pelibatan kaum perempuan di Desa Datah Dian untuk pembuatan souvenir serta penyedia jasa penginapan dan konsumsi. Namun harus diperhatikan juga mengenai keamanan pengunjung sehingga mereka merasa nyaman dan dapat ikut merekomendasikan destinasi wisata di Mendalam kepada rekan-rekan atau keluarganya.

Sesuai dengan UU no. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, fungsi Taman Nasional adalah sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman satwa dan tumbuhan serta ekosistemnya dan pemanfaatan secara lestari satwa dan tumbuhan serta ekosistemnya.  Untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut tentu saja Taman Nasional tidak dapat melakukannya sendiri dibutuhkan mitra-mitra yang bisa bekerja sama untuk mewujudkannya. Masyarakat adalah salah satu komponen terpenting dalam hal ini. Fungsi Pemanfaatan perlu ditonjolkan sebagai upaya persuasif ke masyarakat untuk mewujudkan dua fungsi lainnya. (Eks/ AL)

Sumber Info : Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini