Monitoring Satwa Prioritas, Rutinitas Untuk Peningkatan Kualitas Populasi

Jumat, 04 Oktober 2019

Kamis, 3 Oktober 2019 - Monitoring mingguan burung Curik Bali dilaksanakan oleh para petugas resort di site pelepasliaran Teluk Terima, Cekik dan Teluk brumbun pada pagi hari dan sore hari di titik pengamatan yang merupakan lokasi tidur burung Curik Bali. Pada monitoring hari ini terhitung ada 123-125 ekor burung Curik Bali di labuan lalang, 24-25 ekor di Teluk brumbun dan 64-65 ekor di Cekik, total 215 ekor mereka terbang bebas di alam, jumlah ini belum termasuk di site monitoring lampu merah dan tanjung gelap. Walaupun kondisi vegetasi masih cukup kering, beberapa pasangan burung bahkan sedang dalam masa-masa pengeraman telur di sarang dan mulai mengangkut bahan sarang di gowok buatan/nest box yang ada di site pelepasliaran.

Dalam 5 tahun terakhir, populasi burung Curik Bali terus bertambah, dengan kualitas hasil pembiakan di alam yang cukup tangguh dan bisa menjadi induk yang produktif, termasuk juga di Labuan Lalang yang menjadi lokasi dengan jumlah burung Curik Bali terbanyak dibandingkan lokasi lainnya. Upaya pengamanan dan pembinaan populasi intensif dilaksanakan agar secara kuantitas populasi burung Curik Bali terus bertambah dan kualitas individu hasil pembiakan dialam juga meningkat.

Ayo! Kita terus jaga habitat asli burung Curik Bali yang merupakan satwa icon Pulau Bali. Semoga di masa yang akan datang burung Curik Bali mudah kita jumpai dan persebarannya terus meluas menghiasi langit Pulai Bali.

Salam Lestari!

Sumber: Balai TN Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini