Komitmen Luar Biasa Untuk Konservasi dan Masyarakat Lokal, Balai TN Kelimutu Diganjar Penghargaan

Kamis, 03 Oktober 2019

Ende, 3 Oktober 2019. Taman Nasional (TN) Kelimutu kembali menerima penghargaan, kali ini TN Kelimutu menerima penghargaan BirdLife Indonesia Award oleh Burung Indonesia dalam penutupan Program Kemitraan Wallacea yang bertema "Merayakan Capaian di Walacea" bertempat di Hotel Four Points, Makassar Sulawesi Selatan pada hari Rabu (2/10) kemarin. Pada acara ini Burung Indonesia memberikan penghargaan kepada Kepala Balai TN Kelimutu Persada A. Sitepu atas komitmen yang luar biasa terhadap konservasi dan membantu masyarakat lokal dalam bekerja selaras dengan alam di TN Kelimutu. Penghargaan diberikan oleh Dian Agista selaku Direktur Eksekutif Burung Indonesia disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian KLHK, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Daerah di berbagai daerah di wilayah Walacea, Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah serta seluruh peserta Mitra Program Kemitraan Walacea dari wilayah Nusa Tenggara, Sulawesi dan Maluku. Dalam acara ini juga diberikan penghargaan kepada Benediktus Bedil Direktur Pengembangan Masyarakat Lembata dalam upayanya menjaga dan melestarikan Teluk Hadakewa melalui kearfikan lokal masyarakat.

Program Kemitraan Walacea ini diluncurkan pada tahun 2015 sebagai fasilitas pendanaan bagi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam meningkatkan kapasitas dan perannya dalam perlindungan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan. Program ini telah melibatkan 66 OMS di 202 desa dan komunitas 24 Kabupaten/kota dari 6 Provinsi. Pada kesempatan ini Kepala Balai TN Kelimutu juga berkesempatan menyampaikan paparan bertema "Konservasi Inklusif melalui Ekowisata di TN Kelimutu" dalam sesi Praktek Terbaik Konservasi Keanekaragaman Hayati dari Walacea.

Kepala Balai TN Kelimutu berterimakasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder TN Kelimutu yang telah bekerjasama mendukung pengelolaan TN Kelimutu khususnya melalui konservasi inklusif, penghargaan ini adalah hasil kerja masyarakat dan semua stakeholder terkait, semoga dapat menginspirasi berbagai pihak.

Sumber : Balai Taman Nasional Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini