TN Aketajawe Lolobata “2018 Menuju Kedaulatan Rakyat”

Rabu, 10 Mei 2017

Sofifi, 10 Mei 2017. Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) kembali bersiap untuk mencapai semangat “kedaulatan rakyat” seperti yang telah dilakukan di Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC). Melaui rapat perencanaan kegiatan tahun 2018 yang dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 7 s/d 10 Mei 2017 di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II di Maba, rencana kegiatan difokuskan untuk sebesar-besarnya mencapai kemandirian masyarakat sekitar.

Menempuh perjalanan kurang lebih enam jam dari Sofifi menuju Maba Kabupaten Halmahera Timur, tim rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai TNAL Bapak Sadtata Noor Adirahmanta kembali mengusung konsep touring. Menggunakan mobil dinas menuju Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur tim berisirahat di tengah perjalanan di desa Subaim,  SPTN wilayah III.

Terdapat tiga sesi dalam agenda rapat. Sesi pertama dimulai dengan presentasi hasil kunjungan kerja ke Taman Nasional Gunung Cermai oleh Kepala SPTN Wilayah II, Bapak Birawa. Dalam paparannya beliau menjelaskan konsep tentang kedaulatan rakyat yang telah dilaksanakan oleh TNGC.

Sesi kedua tentang evaluasi kegiatan pada tahun sebelumnya. Masing-masing seksi pengelolaan diberikan kesempatan menyampaikan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan.

Sesi ketiga merupakan sesi pemaparan rencana kegiatan yang diusulkan oleh masing-masing seksi pengelolaan yang merupakan usulan dari masing-masing anggota SPTN. Pada sesi ini semua SPTN memberikan kegiatan sepenuhnya menganut asas manfaat bagi masyarakat sekitar kawasan.

Kegiatan rapat ditutup dengan acara ramah tamah yang diikuti dengan bakar ikan dan jagung bersama. Pagi ini tim kembali ke Sofifi dengan membawa hasil untuk masyarakat.

Sumber Info : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini