Balai TN MerBeti Bertekad Terapkan Eco Office

Selasa, 01 Oktober 2019

 

Jember, 30 September 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) mengadakan sosialisasi penerapan kantor ramah lingkungan (eco office). Sosialisasi disampaikan oleh Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut, M.Si dan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU), Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah III Kalibaru, Perwakilan Setiap Seksi dan seluruh staf Balai.

Eco office adalah kantor peduli lingkungan yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman serta menyehatkan. Selain itu eco office bertujuan juga untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemakaian sumber daya alam.

Balai TN MerBeti bertekad untuk menerapkan eco office. Dengan cara antara lain pengurangan sampah plastik dan kertas; penghematan listrik dan bahan bakar; penghematan air; kebersihan ruang kerja / kenyamanan ruang kerja; pengelolaan sampah.

Kabalai mencontohkan seperti untuk membuat draf surat dengan menggunakan kertas bekas, mengurangi minuman kemasan dengan membawa Tumbler, mematikan lampu dan alat elektronik bila tak dipakai dan menyediakan tempat sampah sesuai kategorinya serta mengolah sampah daun menjadi pupuk.

Sasaran diterapkannya eco office tersebut adalah mengubah sikap dan perilaku individu kantor untuk lebih peduli lingkungan dan melakukan penghematan biaya operasional kantor terkait aspek lingkungan. 

"Penerapan eco office memang tak mudah. Tapi bisa dimulai dari kepedulian diri kita sendiri terhadap lingkungan, kemudian meluas hingga ke instasi yang lebih besar. Kesadaran individu perlu dipupuk untuk lebih mencintai lingkungan. Dengan tekad kuat, kita akan bisa menerapkannya." Pesan Kabalai.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini