Balai TN Kutai - PT Pertamina EP Asset 5 Resmikan Keramba Budidaya Kepiting di Bontang Mangrove Park

Rabu, 18 September 2019

Bontang, 17 September 2019. Bertempat di Bontang Mangrove Park Salebba, Balai TN Kutai bekerjasama dengan PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta meresmikan keramba budidaya kepiting. Budidaya kepiting ini dipilih mengingat harga ekonominya yang tinggi, proses budidayanya yang relatif mudah serta ketersediaan bibit di alam terbuka yang cukup banyak.

Hadir dalam kesempatan ini Bapak Nur Patria Kurniawan Selaku Kepala Balai TN Kutai dan Bapak Hanif Selaku Field Manager PT Pertamina EP Asset 5 Sangatta. Budidaya kepiting keramba ini merupakan komitmen dari PT Pertamina EP Asset 5 sebagai perusahaan migas untuk tetap memperhatikan aspek lingkungan dan  membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama dengan Balai TN Kutai.

Dalam acara ini juga ditebar bibit kepiting, yang mana untuk tahap I ini ditebar sebanyak 10 kg bibit kepiting dari total 35 kg kepiting yang akan ditebar dalam 2 petak kolam pembesaran yang diasosiasikan dengan jenis Bruguiera gymnorrhiza. Selain kolam pembesaran, keramba juga dilengkapi dengan sebuah kolam pembiakan kepiting.

Pengelolaan keramba ini sendiri nantinya akan dilakukan bersama dengan masyarakat yang tinggal disekitar Kawasan Wisata Bontang Mangrove Park Salebba dengan pendampingan dari penyuluh kehutanan dan petani kepiting keramba. Mulai dari tahap pembentukan kelompok, pelatihan budidaya sampai dengan pelaksanaan pemanenan kepiting.

Dalam sambutannya Kepala Balai Taman Nasional Kutai mengatakan bahwa Taman Nasional Kutai bukan sebagai lembaga bisnis tetapi sebagai sebuah tempat pembelajaran atau center of excellent tentang bagaimana pengelolaan kawasan dan pemberdayaan masyarakat dapat berjalan seiring sejalan.

Diharapkan Kontribusi PT Pertamina EP Asset 5 melalui pembuatan keramba budidaya kepiting dapat berjalan dengan baik dan membawa nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sehingga efek domino perekonomian bisa di dapatkan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Sumber: Balai Taman Nasional Kutai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini