Uji Kompetensi Pejabat Fungsional Lingkup Balai TN MaTaLaWa

Minggu, 07 Mei 2017

Waingapu, 7 Mei 2017. Kelompok Jabatan Fungsional binaan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang terdiri diri Polisi Kehutanan (POLHUT), Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Penyuluh Kehutanan  diwajibkan memiliki kompetensi sesuai bidang dan keahliannya. Uji kompetensi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan menduduki jabatan fungsional tertentu ataupun naik kejenjang jabatan satu tingkat lebih tinggi, hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa), Maman Surahman, S.Hut.,M.Si  dalam sambutannya pada acara pembukaan uji Kompetensi Pejabat Fungsional lingkup TN MaTaLaWa.

Kegiatan Uji Kompetensi Pejabat Fungsional Lingkup TN MaTaLaWa dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Balai TN MaTaLaWa dan Lapangan Kodim 1601 Sumba Timur pada tanggal 4 s.d. 7 Mei 2017. Tim penguji berasal dari Pusat Perencanaan dan Pengembangan SDM KLHK, terdiri atas 2 (dua) orang Asesor dan 1 (satu) orang Pendamping Asesor. Adapun peserta uji kompetensi diikuti 14 pejabat fungsional lingkup TN MaTaLaWa, dengan rincian 5 (lima) Pejabat Fungsional POLHUT, 8 (delapan) Pejabat Fungsional PEH, dan 1 (satu) Pejabat Fungsional Penyuluh Kehutanan.

Rangkaian uji kompetensi Pejabat Fungsional Lingkup TN MaTaLaWa diawali dengan acara pembukaan sekaligus arahan teknis pelaksanaan uji kompetensi, Penyusunan Portofolio, Ujian Tertulis, Ujian Lisan (Wawancara), Demo/Praktek, Uji Kesamaptaan (Khusus Pejabat Fungsional Polhut), pengecekan dan pemberkasan dokumen uji serta penutupan.

Pada ujian kesamaptaan yang diikuti oleh pejabat fungsional polhut TN MaTaLaWa, kegiatan diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh dr. Inda Tasha Bastaman selaku dokter internship di Puskemas Kota Waingapu – Sumba Timur. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, kegiatan dilanjutkan dengan ujian fisik. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran fisik dan kesiapan POLHUT dalam melaksanakan tugas ditingkat lapangan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pejabat fungsional lingkup TN MaTaLaWa memiliki standar kompetensi yang mengacu pada prosedur/aturan yang telah ditetapkan. Sehingga mampu melaksanakan tupoksi dan selanjutnya mampu memberikan masukan/rekomendasi guna pengambilan kebijakan  pengelolaan kawasan TN MaTaLaWa, sebagaimana disampaikan oleh Tri Wiyanto, S.Hut selaku Kepala Subbag Tata Usaha dalam sambutannya pada penutupan uji kompetensi pejabat fungsional lingkup TN MaTaLaWa.

Sumber Info : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (MaTaLaWa)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini