Masyarakat Tobelo Dalam, “Sumber Air So Dekat”

Sabtu, 06 Mei 2017

Sofifi, 6 Mei 2017. Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) atau yang biasa disebut dengan Suku Togutil sudah memiliki sumber air bersih yang baru. Personil Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I  Weda yang di komandoi oleh Kepala SPTN I Bapak Raduan, SH melakukan pemasangan instalasi air bersih untuk MTD.

Air bersih yang sudah lama berada kurang lebih 300 meter dari kantor Resort Tayawi belum dimanfaatkan secara maksimal oleh MTD yang bermukim di sekitar kantor tersebut. Baru pada tahun ini tercetus untuk memanfaatkan sumber air tersebut. Karena berada di ketinggian maka hanya perlu dilakukan pemasangan pipa untuk dialirkan sampai di kantor Resort tanpa bantuan tenaga listrik.

Pada akhirnya sumber air yang telah dipasang pada tanggal 4 Mei 2017 tersebut sudah bisa dinikmati oleh Masyarakat Tobelo Dalam yang sebelumnya harus mengambil air sungai dan diendapkan lagi agar pasir dan kandungan kapurnya terpisah. Kepala SPTN I menyatakan bahwa inilah yang harus dilakukan oleh pengelola agar manfaat secara langsung dari kawasan TNAL dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar sesuai dengan visi Taman Nasional Aketajawe Lolobata.

Sumber Info : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini