Pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula Di TN Ujung Kulon

Kamis, 04 Mei 2017

Labuan, 4 Mei 2017. Balai TN Ujung Kulon (TNUK) menyelenggarakan kegiatan pembentukan kader konservasi tingkat pemula di Kharisma Resort, Labuan, Pandeglang pada tanggal 3-4 Mei 2017. Kegiatan ini dimaksudkan untuk merekrut kader konservasi khususnya di tingkat pemula.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta sebanyak 30 orang, yang berasal dari siswa SMK -dari SMAN 16 Sumur, SMK 3 Pandeglang, MAS Nurul Hidayah Cibadak, dan SMK Dwi Putra Bangsa di Cibaliung. Dari kelompok mahasiswa pecinta alam, ada dari Himala Universitas Mathlaul Anwar dan Mapalaut Universitas Tirtayasa Serang, dan para tokoh pemuda, kelompok masyarakat, karang taruna, jaringan penggerak masyarakat yang berasal dari desa-desa di sekitar TNUK.

Materi yang disampaikan meliputi materi yang berkaitan dengan Organisasi, Dasar Kepemimpinan, Peraturan perundangan bidang LHK, SAR dan P3K, Bina Cinta Alam serta materi yang berkaitan dengan konservasi di TNUK.

Kader konservasi TNUK merupakan sekelompok masyarakat yang diharapkan dapat membantu  menyebarluaskan informasi, tetapi yang terpenting dapat menjadi panutan dalam hal pengelolaan/pelestarian lingkungan hidup, yang dilakukan secara aktif dan mandiri (volunteer), khususnya di sekitar kawasan TNUK. 

Para kader ini dipilih orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat positif, kreatif dan inovatif terkait lingkungan hidup. Sehingga kedepannya, kader ini dapat menjadi contoh, menginsipirasi, dan memberi teladan dalam aktivitas positif terhadap lingkungan hidup.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara/proses untuk merekrut kader konservasi, khususnya untuk tingkat pemula, yaitu melalui proses pembentukan/pelatihan seperti ini, dengan maksud agar para kader memiliki pemahaman yang sama dalam pengelolaan lingkungan hidup yang baik.

Dalam kader konservasi terdapat 3 jenjang, yaitu pemula, madya dan utama. Masing-masing jenjang harus melalui pendidikan/pelatihan. 

Setiap kader yang telah melalui pelatihan/penjenjangan akan mendapatkan kartu anggota, yang terdaftar secara resmi di Dinas LHK Propinsi Banten dan Kementrian LHK di Jakarta. Setiap anggota kader dapat dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan UPT dan juga berhak untuk diajukan sebagai peserta lomba kader konservasi tingkat nasional atau event-event lainnya yang bersifat nasional.

Semoga melalui kegiatan pembentukan kader konservasi tingkat Pemula lingkup Balai TNUK, dapat memunculkan generasi muda yang secara aktif dan mandiri melakukan aktivitas peduli lingkungan dan dapat menjadi mitra Balai TNUK dalam melestarikan kawasan TN Ujung Kulon.

Sumber Info : Balai TN Ujung Kulon

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 1

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini