Gunung Gamping “Merdeka” Sampah, Semarakkan HUT Ke-74 RI

Jumat, 23 Agustus 2019

Yogyakarta 22 Agustus 2019 - Masih dalam rangkaian peringatan HUT Ke-74 RI, Balai KSDA Yogyakarta menyelenggarakan Aksi Bersih Kawasan di TWA Batu Gamping. Mengusung tema “Gunung Gamping Merdeka Sampah”, aksi bersih kawasan ini dipadukan dengan kegiatan Pendidikan Lingkungan untuk anak TK.

Aksi bersih kawasan ini dibuka oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah I, Untung Suripto, ST, MT, mewakili Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi, SP, M.Sc, dan diikuti oleh staf Balai KSDA Yogyakarta serta 67 siswa TK ABA Delingsari yang secara bersama-sama membersihkan sampah baik di dalam maupun di sekitar kawasan.

Usai membersihkan sampah, siswa TK ABA Delingsari diajak mengikuti kegiatan pendidikan lingkungan yang dikemas melalui belajar peduli lingkungan yang terbagi dalam 4 pos kegiatan terdiri atas Pos “Indonesia Pusaka”; “Rayuan Pulau Kelapa”; “Maju Tak Gentar” dan “Janur Kuning”. Pada Pos “Indonesia Pusaka” siswa TK ABA Delingsari diajak menyaksikan film animasi “Belajar dari Batu Tua” sebagai media untuk memperkenalkan kawasan Cagar Alam Batu Gamping sebagai “pusaka” yang harus dijaga bersama. Selanjutnya pada Pos”Rayuan Pulau Kelapa” siswa dikenalkan dengan jenis pohon dan manfaatnya. Sementara itu pada Pos “Maju Tak Gentar”, dikonsep dalam bentuk perlombaan beregu, siswa diajak untuk memahami cara memilah sampah yang benar. Pada Pos “Janur Kuning”, para siswa diajak berlatih membuat mainan tradisional berbahan alami yang ramah lingkungan.

M. Wahyudi mendukung kegiatan aksi Bersih Kawasan ini. “Kegiatan ini sangat bagus untuk terus mendorong masyarakat agar punya kesadaran menjaga kebersihan kawasan. TWA Batu Gamping ini lokasinya berada di tengah permukiman penduduk, seringkali bersinggungan dengan permasalahan sampah di kawasan. Menanamkan kesadaran sejak dini bisa menjadi satu langkah konkret menjaga kebersihan lingkungan. Semoga di kemudian hari, anak-anak ini bisa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan yang lebih baik lagi.” tuturnya.

 

Sumber : Dwi Nuryandani (PEH) - Balai KSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini