TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum Gelar Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutlabun

Selasa, 02 Mei 2017

Kapuas Hulu, Selasa 2 Mei 2017. Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum melaksanakan sosialiasi dan konsolidasi antar Instansi Pemerintah terkait rencana pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan, lahan dan kebun di sekitar Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk persiapan dan antisipasi menghadapi musim kemarau yang segera menjelang. Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Polsek Semitau Kab. Kapuas Hulu, dihadiri Muspika Kec. Semitau, TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS), Manggala Agni, serta instansi pemerintah lainnya.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta sosialisasi menekankan pentingnya kontinuitas monitoring titik api (hotspot) sehingga kejadian karhutlabun dapat segera ditangani begitu informasi hotspot dinyatakan positif melalui ground check dan informasi masyarakat. Upaya ini dapat meminimalisir luas areal terbakar.

Beberapa poin kesepakatan lainnya antara lain pentingnya mensisipkan kampanye-kampanye penyadartahuan pada setiap kegiatan yang menyentuh masyarakat, memaksimalkan potensi desa dalam hal ketersediaan peralatan pemadaman  karhutlabun serta personil Masyarakat Peduli Api atau Pleton Desa, mendorong masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, mengedepankan upaya persuasif, serta upaya penegakan hukum sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dukungan dari instansi kesehatan juga diperlukan tidak hanya terkait penyelesaian permasalahan kesehatan sebagai dampak kebakaran hutan, tetapi juga saat sosialisasi kepada masyarakat mengenai kerugian karhutlabun dari aspek kesehatan.

Untuk di luar kawasan Danau Sentarum, pihak kepolisian merencanakan acara sosialisasi serupa langsung kepada masyarakat. Sedangkan untuk di dalam kawasan telah dilaksanakan sosialisasi dan kampanye oleh TNBKDS di beberapa desa penyangga. Melalui sinergi beberapa kegiatan pencegahan dan penanggulangan karhutlabun tersebut diharapkan terus terjadi penurunan titik api di wilayah Semitau, baik di luar maupun di dalam kawasan konservasi. @mrp

Sumber Info : Balai Besar Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini