Lagi, Tim Quick Response BKSDA Yogyakarta Evakuasi Buaya Muara

Senin, 19 Agustus 2019

Yogyakarta 18 Agustus 2019, Tim Quick Response (QR) Balai KSDA Yogyakarta menindaklanjuti laporan masyarakat perihal penemuan seekor buaya muara (Crocodylus porosus). Informasi awal diperoleh dari anggota Polsek Minggir Sleman yang melaporkan kejadian tersebut ke call center BKSDA Yogyakarta.

Kronologi penemuan buaya berawal dari adanya warga Moyudan Sleman, Rujiyanto (40th) pada hari Sabtu (17/8/19) hendak memancing dan melihat buaya di lokasi persawahan Jalan Gedongan, Balangan, Minggir, Sleman. Selanjutnya bersama-sama dengan warga setempat melakukan penangkapan buaya tersebut dan menyerahkannya ke Polsek Minggir sekitar pukul 15.00 WIB. Anggota Polsek Minggir, kemudian menindaklanjuti penyerahan satwa tersebut dengan menghubungi BKSDA Yogyakarta.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta M. Wahyudi, segera menugaskan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Yogyakarta, Untung Suripto, ST., MT untuk segera melakukan penanganan terhadap satwa tersebut. "Tim QR saya minta untuk segera melakukan evakuasi satwa buaya muara dari Polsek Minggir ke TWA Gamping sambil menunggu proses koordinasi dengan LK" tutur Untung Suripto.

Setelah dilakukan koordinasi dan perencanaan yang matang oleh tim QR - BKSDA Yogyakarta, pada minggu pagi tanggal 18/8/2019  dilakukan evakuasi buaya muara bersama-sama dengan personil dari Kampung Satwa Sleman.

Hasil identifikasi menunjukkan satwa jenis buaya muara (Crocodylus porosus) dalam kondisi hidup dengan panjang 121 cm dan lingkar perut 38 cm.  Saat ini satwa tersebut diamankan di komplek TWA Batu Gamping.

 

sumber: BKSDA Yogyakarta

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini