Pelepasan Tim Penilaian Potensi Terumbu Karang TN Kepulauan Seribu

Rabu, 26 April 2017

Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 26 April 2017. Kepala Balai TN Kepulauan Seribu, Ir Evi Haerlina melepas secara simbolis keberangkatan tim Penilaian Potensi Terumbu Karang (PPTK). Acara pelepasan bertempat di Kantor SPTN Wilayah III Pulau Pramuka pada tanggal 26 April 2017. Tim PPTK berjumlah 23 orang dengan komposisi 15 orang berasal dari pegawai TN Kepulauan Seribu dan delapan orang relawan dari mahasiswa UNDIP, IPB dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan PPTK akan dilaksanakan selama 18 hari mulai tanggal 26 April 2017 sampai dengan 13 Mei 2017. Pengambilan data dilakukan di 40 titik/ stasiun pengamatan yang tersebar di seluruh zona. Data yang diambil antara lain komposisi substrat dasar,  tutupan terumbu karang, genus karang, makrobentos, komunitas ikan, dan tutupan lamun.

Kegiatan PPTK dilaksanakan secara rutin dua tahun sekali sejak tahun 2009 dengan tujuan untuk memantau kondisi terumbu karang serta mengetahui dinamika ekosistem terumbu karang dan komunitas lingkungan yang berasosiasi.  Monitoring ekosistem terumbu karang merupakan langkah penting untuk memberikan umpan balik terhadap pengelolaan yang telah dilakukan dan sebagai pertimbangan dalam merumuskan kebijakan yang akan dilakukan.@jtr

Sumber: Balai TN Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini