Ecotourism Kelimutu National Park

Senin, 05 Agustus 2019

Ende - Ekowisata Kelimutu adalah paket lain yang ditawarkan TN Kelimutu dalam travel mart di Festival TN & TWA di Nusa Dua kemarin. Berwisata di Kelimutu adalah sebuah kegiatan wisata ekowisata (ecotourism) yang telah cukup lama dilaksanakan dan dibangun melalui program CBT (Community Based Tourism) oleh pihak Swisscontact yaitu sebuah yayasan independen Swiss yang berusaha mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di negara-negara berkembang.
Khusus di sekitar Kelimutu program ini dilaksanakan di Desa Waturaka yang diinisiasi melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Bersama TN Kelimutu dan beberapa pihak lain membantu masyrakat dalam penguatan kelembagaan dan mendorong promosi pariwisata yang sebelumnya tidak bisa dilakukan oleh warga lokal.

Dalam ekowisata prinsipnya adalah mengajak pengunjung wisata menjadi bagian dari ekosistem yang ada di daerah tersebut. Bukan merupakan outsider yang Ada masuk ke dalam sebuah sistem.

Aktifitas pengunjung yang dilakukan antara lain menginap di homestay masyarakat, melakukan kegiatan keseharian masyarakat seperti ke sawah, menjemur atau menumbuk padi sambil berinteraksi dengan masyarakat serta tentu saja mengunjungi objek-objek wisata yang ada di sekitar.
Sampai saat ini setelah program Swisscontact berakhir (2017), masyarakat terus melanjutkan kegiatan yang telah berjalan dan Balai TN Kelimutu terus berusaha mengembangkan kegiatan dan lokasinya dengan semangat harmoni alam dan budaya di desa-desa penyangga lain di TN Kelimutu.

Bagaimana sobat dengan produk yang ditawarkan oleh TN KELIMUTU ?
Apakah masih ragu ???
Dijamin sobat tidak akan ragu ataupun kecewa karena TN Kelimutu akan melayani pengunjung dengan setulus hati serta memperkenalkan wisatawan terhadap Budaya alam Yang merupakan ekosistem dari TN KELIMUTU. Ayo kesini sobat, di tunggu ya????.

Sumber: Balai TN Kelimutu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini