Balai Besar Tana Bentarum Tingkatkan Pengetahuan Kelompok Arwana

Jumat, 02 Agustus 2019

Rabu, 31 Juli 2019 - Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik yang berada di sekitar kawasan maupun yang di dalam kawasan. Salah satunya adalah Kelompok Perbesaran dan Perguliran Ikan Arwana “Konservasi Tekenang Permai” sebagai kelompok penerima bantuan peningkatan ekonomi produktif berupa 20 ekor Ikan Arwana beserta peralatannya pada Tahun 2018.

Untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam pemeliharaan ikan Arwana ini maka Balai Besar Tana Bentarum mengadakan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok binaan dengan mengundang praktisi Ikan Arwana yang sudah berpengalaman. Kegiatan diikuti oleh 20 orang anggota kelompok Konservasi Tekenang Permai  dilaksanakan di Guest House Bukit Tekenang dengan pemateri dari Suhaid Bapak Made Dunye.

Materi yang disampaikan adalah mengenal Ikan Arwana, pemeliharaan Ikan Arwana yang baik dan benar, pencegahan penyakit pada Ikan Arwana, pengobatan Ikan Arwana dan perlakuannya, teknis pemindahan Ikan Arwana  ke kolam, tips dan trik pemilihan bibit Ikan Arwana. Menurut Bapak Made kegiatan ini sangat berguna untuk masyarakat dan merupakan program nyata dari TNDS dalam rangka meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat yang ada di dalam kawasan, saya berharap program ini bisa berkesinambungan sehingga masyarakat bisa sejahtera dan Ikan Arwana sebagai Ikan endemik dan kebanggaan masyarakat Kapuas Hulu ini dapat lestari. 

Kepala Balai Besar yang diwakili oleh Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak menyampaikan bahwa konsep yang dibangun oleh Balai Besar adalah bagaimana potensi satwa khususnya Ikan Arwana melalui mekanisme perguliran dan perbesaran serta pelepasliaran bisa menunjang peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat sesuai dengan Undang – Undang Nomor 5 Tahun1990.

 “Allhamdulillah, tahun kemarin kami dibantu perbaikan lanting, saluran air bersih dan Ikan Arwana, sekarang pelatihannya lagi, semoga kami bisa mandiri dan kami bertekad untuk mendukung program –program Balai Besar Tana Bentarum dan ucapan terimakasih kepada Balai Besar  Tana Bentarum yang sangat perhatian kepada kami” Ujar Bpk Ahmad Ketua Kelompok Konservasi Tekenang Permai.

 

Sumber: Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini