Sambang Tretan Jilid II Antisipasi Karhutla di TN MerBeti

Jumat, 02 Agustus 2019

Jember, 1 Agustus 2019. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) kembali menggelar kegiatan Sambang Tretan pada tanggal 30 Juli lalu. Kegiatan ini diikuti oleh petugas Resort Baban, SPTN Wilayah III Kalibaru TN MerBeti menggandeng Muspika Kecamatan Silo, Pemdes Desa Mulyorejo, dan kelompok desa binaan. Tema yang diusung yaitu  Deteksi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sub tema Sambang Tretan Jilid II. Mengedepankan keharmonisan dan sinergi antara TN MerBeti dengan pihak terkait untuk bersama-sama mengantisipasi terjadinya Karhutla di musim kemarau.
 
Tim sambang tretan berpusat di lokasi rawan kebakaran yaitu Blok Curah Burun. Dalam perjalanan tim melakukan pemantauan di sepanjang jalur Perhutani, Perkebunan dan lingkungan rumah warga. Tidak terdeteksi adanya kebakaran. Tim melakukan kunjungan ke rumah warga dan memberikan penyuluhan untuk waspada dalam menggunakan api. Selanjutnya saat memasuki kawasan zona rimba dilakukan pemantauan kawasan areal bambu yang gersang, namun tidak ditemukan adanya kebakaran.
 
Kepala Balai TN MerBeti memberikan arahan kepada setiap pengelola SPTN Wilayah agar tetap membangun kebersamaan seperti sambang tretan ini, dan terus mengkampanyekan tentang pentingnya pelestarian kawasan konservasi.
 
Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti) 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini