Balai Besar Tana Bentarum Turut Meriahkan INDONESIA INTERNATIONAL OUTFEST 3RD 2019

Jumat, 02 Agustus 2019

Jakarta, 1 Agustus 2019. Bertepat di halaman lapangan Aldiron, Pancoran Jakarta Selatan pembukaan Pameran Indonesia Outdoor Festival tahun 2019, pameran dilaksanakan selama 4 hari ini di mulai tanggal 1-4 Agustus 2019 secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Selama empat hari kedepan, Balai Besar Tana Bentarum bersama dengan Ditjen PSKL turut berpartisipasi pada kegiatan Indonesia International Outdor Festival 2019 (IIOUTFEST) yang berlokasi di lapangan Aldiron Jakarta. Mengusung tema ?Rumah Kreasi PeSoNa?, stand Perhutanan Sosial hadir dengan warna yang berbeda diantara stand-stand lainnya dengan konsep stand yang ?homy? dan jejeran Land Rover yang klasik di depan stand menjadikan stand ?Rumah Kreasi Pesona? sangat menarik dan instragramable untuk menjaring minat para pengunjung milenial.

Keikutsertaan Balai Besar Tana Bentarum dalam ajang pameran OUTFEST 2019 kali ini, dilakukan bersama-sama para penggiat ekowisata diberbagai wilayah di Indonesia di bawah binaan Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK.  Bertemakan adventure, nature,  community and history, Direktorat Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial (PKPS) mengajak para penggiat ekowisata di daerah untuk bisa menampilkan atraksi daya tarik wisata di masing-masing wilayahnya dan juga turut mensosialisasikan program perhutanan sosial dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Di sela-sela persiapan Stand Rumah Kreasi Pesona (Perhutanan Sosial Nusantara) Ibu Direktur PKPS, Ir. Erna Rosdiana, M.Si menyampaikan dalam arahannya pada tim ? Ajang pameran indonesia outdoor pestival ini harus dijadikan moment untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di daerah, khususnya binaan dari Direktorat PKPS?. Menurutnya para pengunjung pameran outfest ini merupakan kaum yang berasal dari generasi millenia yang sangat suka untuk melakukan travelling menuju destinasi wisata di daerah yang banyak mengandung unsur adventure dan masih memiliki nilai lingkungan yang alami, pungkasnya.

Pameran Outfest 2019 Rumah Kreasi Pesona, Direktorat PKPS-KLHK mengundang sebanyak 7 perwakilan kelompok penggiat ekowisata, terdiri dari  LPHN Salibutan Sumatera Barat, Arsel Community Bangka-Belitung, KTH Seberang Bersatu Bangka-Belitung, KTH Mandiri Kali Biru Yogyakarta, Gapoktan Rimba Lestari NTB, dan Koperasi Asosiasi Periau Danau Sentarum (APDS) Kalimantan Barat. Kehadirian Tana Bentarum diundang untuk menampilkan potensi ekowisata yang ada di wilayah pengelolaannya khususnya lokasi-lokasi Kemitraan Konservasi antara Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) bersama dengan masyarakat di penyangga kawasan.

Sesuai tema yang diangkat dalam pameran Outfest 2019 oleh Direktorat KPKS, Balai Besar Tana Bentarum mengangkat beberapa potensi  ekowisata  di lokasi kemitraan konservasi seperti Arung Jeram di Hulu Kapuas Desa Bungan Jaya, Jelajah Goa Karst di Tanjung Lokang, Ekpedisi Kapuas-Mahakam di Desa Tanjung Lokang, Mengintip Danau Sentarum di Bukit Semujan, Pesona Pulau Melayu dan Pulau Sepandan di Danau Sentarum.

Setiap harinya stand Rumah Kreasi PeSoNa akan menghadirkan dialog interaktif dengan topik bahasan yang berbeda dengan menghadirkan narasumber dari kelompok tani pemegang izin akses kelola Perhutanan Sosial dengan agenda sebagai berikut: 

  • Hari pertama menghadirkan tema Cerita Pengelolaan Perhutanan Sosial di KTH Arsel Community, Kep. Bangka Belitung yang menceritakan eksotisme Bukit Peramun;
  • Hari kedua menghadirkan Cerita Pengelolaan Perhutanan Sosial di LPHN Salibutan, Sumatera Barat dengan objek unggulan Ekowisata Nyarai, dilanjutkan dengan Cerita Pengelolaan PS di KTH Mandiri Prov. DI Yogyakarta dengan spot foto Kalibiru yang sudah terkenal;
  • Hari ketiga menghadirkan Cerita dari Gapoktan Rimba Lestari, Prov, NTB dengan objek  yang terkenal air terjun Benang Kelambu, dilanjutkan dengan Land Rover Club Indonesia (LCRI) Talkshow Adventure dan pada malam harinya menyajikan Wisata Kopi dari KIARA Kopi;
  • Hari Keempat menghadirkan cerita dari KTH Sebrang Bersatu, Kep. Bangka Belitung dan Cerita Pengelolaan Kemitraan Konservasi dari Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum.

Pameran selama 4 hari ini ditargetkan dapat memberikan informasi berupa promosi wisata pada para kaum milenial untuk datang dan berkunjung khususnya ke wilayah-wilayah Binaan PSKL yang memiliki destinasi wisata alam menarik. Target terpenting umumnya adalah merubah cara pandang kaum milenia agar lebih mencintai potensi hutan Indonesia, salah satunya sebagai destinasi wisata alam nusantara.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini