Perkuat Resort Base Managament, Balai TN Kayan Mentarang Eksplore Kehati di Resort Sungai Tubu

Kamis, 01 Agustus 2019

Long Alango, 1 Agustus 2019. Penguatan Resort Base Management merupakan fokus terkini oleh Balai TN Kayan Mentarang dibawah kepemimpinan Kepala Balai Ir.Johnny Lagawurin yang memungkinkan untuk menginventarisasi seluruh potensi kehati yang terdapat di Taman Nasional Kayan Mentarang secara efektif dalam skema pengelolaan kolaboratif. 

Baru-baru ini telah dilaksanakan Patroli Fungsional di Resort Sungai Tubu Seksi Pengelolaan Taman Nasional wilayah II Long Alango. patroli yang berlangsung selama 10 hari (17 – 26 Juli 2019) ini telah manjangkau kawasan seluas ±380 Ha dari luas kawasan Resort Sungai Tubu yakni 74.424,70 Ha. Kegiatan ini tidak menemukan adanya ancaman serius baik di dalam kawasan maupun di batas kawasan.

Selain mengawasi kondisi kawasan, dengan kekayaan alam yang tersuguhkan sepanjang trek patroli juga menggerak inisiatif Tim Patroli yang di pimpin oleh Misoniman, A.Md (Polhut Penyelia) untuk mencatat dan mendokumentasikan keanekaragaman hayati yang dijumpai. Seperti buah rotan, anggrek, pohon ulin, hingga potensi akuatik seperti Ikan Pelian/Masheer (Tor tambroides) yang menjadi primadona di pasar perbatasan Indonesia-Malaysia.

Kondisi kawasan Taman Nasional Kayan Mentarang (TNKM) saat ini terbilang relatif lebih aman bila dibandingkan dengan Taman Nasional Lain di Indonesia yang memiliki ragam ancaman baik satwa maupun habitat satwa.

Kondisi ini tak lantas memberikan ruang untuk Balai Taman Nasional Kayan Mentarang untuk bekerja lebih santai. Ada potensi keanekaragaman hayati yang harus secara terus-menerus di pantau dan menjadi catatan tersendiri dalam upaya memperkuat Resort Base Management TNKM.

Sumber : Tim Patroli Fungsional Resort Sungai Tubu SPTN II Long Alango Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini