Latihan Evakuasi Mandiri Bencana Balai Taman Nasional Karimunjawa “SIAP SELAMAT”

Jumat, 26 April 2019

 

Semarang, 26 April 2019. Balai Taman Nasional Karimunjawa (TNKj) mengadakan latihan evakuasi mandiri bencana yang dilaksanakan di Ballroom Ramayana Hotel Patrajasa, Semarang. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai TNKj Agus Prabowo, S.H., M.Si. Pada kesempatan ini, Kepala balai menyampaikan bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana Tahun 2019 mengharapkan peserta bisa membagikan ilmunya dan selalu siap siaga terhadap bencana yang setiap saat bisa terjadi, meskipun pada kenyataannya kita semua tidak pernah berharap akan terjadi bencana.

Narasumber dan Instruktur berasal dari Forum Peduli Bencana dan BPPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Semarang. Adapun peserta latihan adalah seluruh staf Balai TNKj baik Struktural, Non Struktural, Polhut, PEH dan Penyuluh Kehutanan, yang berjumlah lebih kurang 80 orang. Sedangkan peserta dari luar TNKj adalah WCS, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jateng serta BPHLHK Wilayah Jabalnusra.

Latihan ini dilaksanakan atas dasar arahan Presiden Republik Indonesia pada Rakornas Penanggulangan Bencana TA 2019 di Surabaya “agar edukasi kebencanaan harus dimulai tahun ini, terutama di daerah rawan bencana, kepada sekolah melalui guru dan kepada masyarakat melalui para pemuka agama serta melaksanakan latihan simulasi penanganan bencana secara berkala dan berkesinambungan". Atas dasar hal tersebut, melalui Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor SE.7/Setjen/Roumm/Set.0/3/2019 tanggal 19 Maret 2019  tentang Latihan Evakuasi Mandiri Bencana, menghimbau untuk mengadakan latihan evakuasi mandiri bencana serentak pada tanggal 26 April 2019 pada jam 10.00-12.00 waktu setempat, ditempat masing-masing/kantor dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Peserta mendapatkan materi berupa teori dan praktek tentang mitigasi bencana, menginisiasi rencana kontigensi dan simulasi evakuasi mandiri. Pemaparan materi teori dilengkapi dengan video simulasi bagaimana menyelamatkan diri ketika terjadi bencana. Simulasi evakuasi mandiri bencana ini menjadi seru ketika dipraktekkan seolah-olah terjadi bencana. Para peserta terlihat bersemangat mengikuti materi baik teori maupun praktek.

Dengan terlaksananya latihan evakuasi mendiri bencana ini, diharapkan dapat membangun awarenes/kesadaran dan kewaspadaan seluruh pegawai lingkup Balai Taman Nasional Karimunjawa terhadap bencana. “SIAP UNTUK SELAMAT.”

Sumber : Balai Taman Nasional Karimunjawa - 2019

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini