Evaluasi dan Persiapan Exit Strategy Program Restorasi Ekosistem TN Matalawa

Selasa, 02 April 2019

Waingapu, 1 April 2019. Restorasi kawasan di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) pada tahun ini merupakan tahun terakhir atau tahun penyerahan proyek yang telah dilakukan selama ± 5 tahun. TN Matalawa sebagai pengelola kawasan akan berupaya melanjutkan program-program yang telah dikerjakan Japan International Cooperation System (JICS) untuk merawat tanaman seluas 261 ha, pemberdayaan dan pendampingan masyarakat, school visit, dan lain-lain sehingga cita-cita restorasi kawasan hutan lestari masyarakat sejahtera dapat tercapai.

Dalam rangka prosesi penyerahan yang akan dilaksanakan akhir tahun ini, penanggung jawab lapangan JICS memaparkan sejumlah kemajuan proyek kepada Kepala Balai TN Matalawa dan para pegawai teknis terkait. Paparan yang disampaikan oleh field manager, Arya, menjelaskan beberapa hal, yaitu, kondisi tanaman pada 4 lokasi restorasi dengan persen tumbuh sekitar 81-89 %, program pemberdayaan masyarakat di 4 desa, serta pendidikan lingkungan pada beberapa sekolah dasar di sekitar kawasan restorasi. Khusus pada kegiatan pendampingan masyarakat dalam bidang pertanian telah menghasilkan komoditi unggulan dg kuantitas yg menunjukan tingginya produktifitas lahan.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M, memberikan apresiasi kepada JICS yang telah membantu TN Matalawa melakukan restorasi kawasan. Hasil paparan dengan progress baik menunjukkan bahwa di daerah kering pun restorasi kawasan bisa dilakukan. Balai TN Matalawa akan melanjutkan program-program yang telah dikerjakan sehingga ekosistem kawasan TN Matalawa yang direstorasi menjadi hutan seperti sedia kala.(lry/mtlw)

Sumber: Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini