Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2019, BBKSDA Jabar Gelar Aksi Bersih Sampah di TWA Kawah Kamojang

Selasa, 05 Maret 2019

Bandung, 5 Maret 2019. Setelah Taman Wisata Alam (TWA) Tangkuban Parahu, TWA Pananjung Pangandaran, dan TWA Linggarjati, Balai Besar KSDA Jabar kembali menggelar Aksi Bersih-Bersih TWA. Kali ini, TWA yang menjadi sasaran aksi bersih-bersih ini adalah TWA Kawah Kamojang, sebuah lokasi wisata yang terletak di Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung.

Acara yang digelar pada tanggal 4 Maret 2019 ini diawali dengan apel yang dipimpin secara langsung oleh Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Ir. Ammy Nurwati, MM. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat menyampaikan Sambutan Menteri KLHK dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang pada intinya mengajak seluruh peserta untuk peduli terhadap pengelolaan sampah dengan menerapkan prinsip 3R (Redu  ce, Reuse, Recycle).

Sedikitnya terdapat 299 orang peserta yang ikut terlibat dalam kegiatan ini yang berasal dari UPT KLHK lingkup Korwil Jawa Barat I, Mitra Kerja, unsur Muspika, Pelajar, Komunitas Guntur, serta Komunitas Pramuwisata Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Tak kalah dengan peserta lainnya, masyarakat yang tergabung dalam komunitas Bank Sampah juga turut serta dalam kegiatan ini.

Aksi bersih-bersih sampah menjadi kegiatan inti dari peringatan HPSN 2019 di TWA Kawah Kamojang ini. Seluruh peserta dengan penuh semangat melakukan aksi bersih-bersih ini sehingga tidak mengherankan jika terkumpul sebanyak ±273 kg sampah. Di samping itu, aksi bersih-bersih juga diselingi dengan penanaman pohon sebanyak 40 batang yang membawa pesan bahwa TWA Kawah Kamojang dan kawasan konservasi lainnya harus terus dilestarikan sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh generasi yang akan datang.

Melalui aksi bersih-bersih yang dilakukan ini, diharapkan agar setiap pelaku wisata maupun para wisatawan serta stakeholder lainnya memiliki kesadartahuan yang tinggi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sehingga tercipta kawasan TWA Kawah Kamojang sebagai tempat rekreasi yang sehat, bersih, aman, nyaman, dan bernilai sesuai dengan tema HPSN 2019 kali ini, yaitu Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai.

Sumber : Humas Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini